Sukses

Menko Darmin Lepas 1.300 Peserta Sepeda Santai HUT RI

Darmin hanya membuka acara tersebut, tak ikut bersama rombongan sepeda santai.

Liputan6.com, Jakarta Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Indonesia
ke-72, Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian menggelar kegiatan
sepeda santai di kawasan jalan MH. Thamrin dan Jenderal Sudirman, Jakarta, Minggu (20/8/2017). Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Darmin Nasution membuka acara tersebut.

Dari pantauan Liputan6.com, Darmin melepas sekitar 1.300 peserta sepeda santai, setelah resmi membuka acara dengan memberi kata sambutan. Pelepasan peserta sepeda santai berlangsung pada pukul 7.15 WIB.

"Ini adalah kegiatan atau upaya bagus dalam mengurangi kemacetan dengan kampanye bike to work. Selamat bersepeda, semoga semakin keranjingan bersepeda," kata Darmin saat membuka kegiatan jalan santai.

Namun Mantan Gubernur Bank Indonesia (BI) itu hanya membuka dan melepas para peserta jalan santai yang terdiri dari jajaran Eselon I maupun pegawai Kemenko Bidang Perekonomian, serta peserta umum. Saat ditanyakan mengenai absennya dari kegiatan bersepeda, Darmin bilang lebih menggemari olahraga renang.

"Saya tidak ikut (bersepeda). Olahraga yang paling senang renang di rumah. Renang yang paling simpel," tutur Darmin.

Sekretaris Menko Bidang Perekonomian, Lukita Dinarsyah Tuwo menambahkan, kegiatan sepeda santai ini dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan RI ke-72 dan ulang tahun Kemenko Bidang Perekonomian yang ke-51.

"Kegiatan ini baru pertama kali diadakan, dan kita akan menggelarnya lagi di tahun-tahun mendatang," ujarnya.

Lukita mengatakan, partisipan yang ikut kegiatan jalan santai ini mencapai 750 peserta dari umum dan 550 orang dari kantor Menko Bidang Perekonomian.

"Jadi total 1.300 peserta. Acara ini bagus untuk menggerakkan masyarakat untuk membiasakan diri bersepeda, misalnya ke kantor," terangnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.