Sukses

Fresh Graduate, Lupakan 5 Hal Ini Jika Mau Sukses Berkarier

Liputan6.com, Jakarta - Lulus sarjana tak berarti perjalanan hidup sudah selesai. Percayalah, pembelajaran yang sesungguhnya baru dimulai ketika Anda baru saja menginjakkan kaki di dunia kerja.

Banyak persepsi yang sering menghinggap di pikiran para lulusan baru atau fresh graduate yang baru bekerja. Banyak dari mereka bahkan yang menganggap enteng dunia pekerjaan. Padahal, jika tidak hati-hati mereka bisa saja salah langkah yang berakibat fatal dalam karier.

Dilansir dari CNBC, Selasa (22/8/2017), berikut hal-hal yang seharusnya tidak dipercaya oleh para fresh graduate apabila ingin sukses di tempat kerja:

1. Pekerjaan di kantor selalu jelas dan terstruktur

Saat duduk di bangku kuliah, semua tugas yang dibebankan akan memiliki aturan yang jelas dan berstruktur. Tiap dosen meemberikan arahannya terlebih dahulu sebelum Anda mulai mengerjakannya.

Tapi saat sudah terjun di dunia kerja, hal ini tidak akan Anda alami lagi. Seringkali, pekerjaan yang diminta akan melebihi kompetensi Anda. Anda pun tidak memiliki pilihan lain selain memaksa beradaptasi dengan hal tersebut.

2. Selalu ada kesempatan kedua.

Lagi-lagi, hal ini juga tidak benar adanya. Jika saat kuliah Anda bisa mendapat kesempatan untuk remedial atau ikut ujian ulangan, dalam dunia pekerjaan hal tersebut tidak akan terjadi.

Oleh karenanya, Anda harus benar-benar memanfaatkan setiap kesempatan di depan mata. Karena jika tidak, bukan tak mungkin Anda harus menanggung konsekuensi yang besar.

3. Selalu ada penghargaan dari usaha Anda

Dalam dunia kerja, usaha saja tidak akan cukup membawa Anda sukses. Orang-orang akan melihat hasil akhir yang Anda hasilkan.

Penting bagi para lulusan baru untuk mengerti bahwa penghargaan justru bisa didapat setelah seorang pegawai menunjukkan kerja keras yang diikuti dengan hasil yang maksimal.

Simak video  menarik di bawah ini:

1 dari 2 halaman

Selanjutnya

 

4. Masuk dunia kerja = berhenti belajar

Jika Anda selalu merasa cukup dengan bekal “ilmu” selama bertahun-tahun kuliah, maka siap-siap saja nasib di dunia kerja tidak akan membaik.

Salah satu kesalahan yang dimiliki oleh fresh graduate adalah mereka menganggap adalah selesainya kuliah berarti juga akhir dari proses belajar. Padahal semua hal di dunia ini terus mengalami perubahan. Otomatis hal itu juga menuntut setiap orang untuk terus belajar hal baru.

5. Bisa langsung sukses

Langsung menduduki posisi manajer, bekerja di perusahaan ternama, bahkan mendapatkan gaji yang menggiurkan, siapa yang tidak menginginkan hal ini?

Sayangnya, ekspektasi ini muncul pada hampir sebagian besar para fresh graduate. Memang, selama dibarengi dengan usaha yang maksimal, tentulah impian ini bisa menjadi pemacu. Namun, jangan terlalu berlarut-larut dan berpegang teguh pada jenis pekerjaan idealmu.

Pekerjaan yang baik sendiri adalah sebuah pekerjaan yang memberimu kesempatan untuk belajar banyak hal. Tak hanya itu, harus diingat, mayoritas orang sukses pun memulai segalanya dari bawah.

Artikel Selanjutnya
Agnez Mo Belum Puas Lakukan Ini
Artikel Selanjutnya
Cerita Yovie Widianto Dorong Anak Terjun ke Dunia Musik