Sukses

Kata Menko Luhut soal China Development Bank Buka Kantor di RI

China Development Bank akan membuka kantor perwakilan di Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan menyatakan China Development Bank (CDB) akan membuka kantor perwakilan di Indonesia.

Namun hal tersebut bukan berarti China akan mendominasi pembiayaan dan pengerjaan proyek pembangunan infrastruktur di Indonesia.

Luhut mengatakan, selama ini China telah banyak berinvestasi pada bidang infrastruktur di Indonesia. Sebut saja pada proyek kereta cepat Jakarta-Bandung. Selain itu, China juga menanamkan modalnya pada sektor industri di dalam negeri.

"Banyak lah (investasi). Di Morowali saja dia invest US$ 7,2 miliar. Dia mau invest di beberapa tempat lagi," ujar dia di Hotel JS Luwansa, Jakarta, Senin (21/8/2017).

Meski demikian, Luhut Binsar Pandjaitan membantah jika pembukaan kantor perwakilan di Indonesia lantaran China akan lebih dominan dalam proyek-proyek infrastruktur yang tengah digenjot pemerintah. Menurut dia, semua negara memiliki kesempatan yang sama asal membawa keuntungan bagi Indonesia.

"Enggak juga, Jepang juga akan banyak masuk," ujar dia.‎

 

Saksikan Video Menarik di Bawah Ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.