Sukses

Setahun Tahan Belanja, Wanita Ini Sukses Menabung Rp 300 Juta

Liputan6.com, Jakarta Apa yang Anda lakukan untuk bisa mendapat uang tambahan? Sebagian besar orang memilih untuk menabung, ada pula yang memutuskan untuk melakukan pekerjaan sampingan. Tapi Michelle McGagh yakin bisa mengumpulkan uang dalam jumlah besar dengan mengerem pengeluaran tak penting termasuk berbelanja di luar kebutuhan primer.

Wanita yang berprofesi sebagai jurnalis keuangan ini melakukan satu aksi yang ekstrim. Diberi nama "The No Spend Year", Michelle tidak mengeluarkan uangnya kecuali untuk kebutuhan dasar, antara lain tagihan listrik, bahan makanan, asuransi, produk pembersih, sumbangan amal, dan kredit rumah.

Aksi ini ia lakukan pada akhir 2015. Dilansir dari hellogiggles.com, Selasa (22/8/2017), keinginan ini tercetus di pikirannya setelah ia mengaku kesulitan untuk mengatur keuangannya.

Meski telah 10 tahun mendalami dunia keuangan, Michelle masih sering membelanjakan uangnya untuk hal tak perlu. Ia juga merasa merugi jika selalu menganjurkan orang lain untuk menabung lewat tulisannya, tapi dia sendiri selalu membelanjakan uangnya untuk hal-hal sepele yang sebenarnya tidak dibutuhkan.

Pengeluaran yang dihindari Michelle selama setahun penuh adalah membeli baju, makeup, pergi ke kafe, menonton bioskop, pergi liburan dan biaya untuk berolahraga di pusat kebugaran. Michelle memilih untuk pergi kemanapun menggunakan sepeda sehingga dia tidak perlu membeli tiket atau mengeluarkan ongkos transportasi.

Ia juga lebih memilih memasak makanan di rumah dan berolahraga secara mandiri. Untuk rekreasi, ia memilih untuk pergi ke taman atau berkemah.

Semua jerih payahnya pun berbuah manis. Dalam setahun, wanita ini mampu mengantongi US$ 23 ribu atau Rp 308 juta. Bagaimana, pengalaman Michelle ini bisa dijadikan inspirasi Anda bukan?

Simak video menarik di bawah ini:

 

Saksikan Inspirato Bersama 3 Tokoh Inspiratif Indonesia

Tutup Video
Artikel Selanjutnya
5 Olahraga Ekstrem dengan Biaya Termahal, Apa Saja?
Artikel Selanjutnya
Bujet Skincare Presiden Prancis Emmanuel Macron Rp 400 Juta