Sukses

5 Tips Sukses Membangun Bisnis dari Nol

Liputan6.com, Jakarta - Sebelum memulai bisnis, Anda harus tahu bagaimana passion dan kemampuan diri. Passion dapat terlihat ketika mengetahui apa yang Anda suka kerjakan, dan dapat memberikan semaksimal mungkin kemampuan Anda untuk hal tersebut.

Setelah passion diketahui, Anda bisa memulai membangun bisnis. Berikut 5 cara memulai bisnis dari nol seperti dikutip dari belajar.me:

1. Riset tentang pasar yang akan Anda masuki

Mengetahui siapa saja pesaing yang akan Anda hadapi adalah salah satu cara untuk memulai bisnis. Namun hal tersebut tidak akan memberikan perkembangan terhadap bisnis Anda. Anda harus mengamati lebih ke segmen pasar yang Anda incar dan mempelajarinya.

Riset dapat Anda lakukan dengan melakukan mesin pencari di internet. Jangan berkecil hati jika ternyata pasar yang Anda masuki telah memiliki banyak pesaing. Anda bisa menjadikan ini sebagai keuntungan Anda untuk melihat kelemahan dan kelebihan para pesaing Anda.

2. Tentukan tujuan bisnis yang jelas

Beberapa orang yang sukses dengan bisnis hebatnya biasanya selalu menentukan tujuan bisnis mereka setiap 6 bulan sekali. Tarik garis mundur dari tujuan yang Anda harapkan tersebut, dan buat rincian kegiatan dan planning yang harus Anda lakukan setiap harinya untuk berhasil meraih tujuan tersebut.

3. Ketika Anda membuat situs, buatlah konten yang menarik

Pada saat Anda membangun atau menciptakan sebuah situs, tentunya baik untuk menjadikan situs yang udah ada sebagai referensi. Tetapi, Anda tidak boleh meniru situs tersebut, Anda harus membuat situs lain yang lebih menarik.
Ketertarikan orang-orang terhadap situs Anda, dilihat dari konten yang Anda berikan unik atau tidak.

Simak video menarik di bawah ini:

Selanjutnya

4. Buat daftar calon pelanggan

Surat elektronik saat ini menjadi alat penting dalam membangun bisnis. Jika Anda ingin menjual produk secara daring, Anda bisa mulai mengirimkan surat elektronik kepada teman-teman serta orang asik yang memungkinkan menjadi pelanggan Anda.

Untuk sebuah situs daring, Anda dapat memberikan fitur newsletter agar para pengunjung dapat melihat perkembangan konten-konten menarik Anda.

5. Buat produk atau layanan yang mudah dijual

Jika Anda memiliki tujuan untuk balik modal pada 6 bulan setelah bisnis dimulai, Anda harus menjual banyak produk Anda untuk meningkatkan pendapatan.

Cari tahu apa yang menjadi pertimbangan bagi calon pembeli Anda sebelum membeli produk Anda, dan bangunlah relasi dengan calon pelanggan tersebut. Anda harus membuat produk yang dapat menjawab berbagai permasalahan yang dimiliki oleh calon pembeli atau pelanggan produk dan layanan Anda.

Itulah beberapa tips memulai bisnis dari nol. Sudah siapkah Anda membangun bisnis?

Mau baca tips bisnis dan karier lainnya dari Tung Desem Waringin? Silakan klik belajar.me

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.