Sukses

Mengenal Redenominasi dan Dampaknya terhadap Ekonomi

Liputan6.com, Jakarta - Redenominasi sempat menjadi pembicaraan hangat. Bahkan beberapa lembaga negara dan kementerian terkait telah memulai diskusi rencana redenominasi.

Langkah redenominasi dinilai untuk efisiensi. Akan tetapi, salah satu syarat untuk melaksanakan kebijakan redenominasi adalah kondisi ekonomi Indonesia yang stabil dan kuat. Selain itu juga memperhatikan inflasi.

Meski demikian, pelaksanaan redenominasi ini membutuhkan persiapan sangat matang. Lalu apa pengertian redenominasi dan dampaknya bagi ekonomi Indonesia?

VP Sales and Marketing PT Ashmore Asset Management Indonesia Angganata Sebastian menuturkan, redenominasi ini merupakan pengurangan digit nilai mata uang.

"Kalau kita berbicara redenominasi yaitu pengurangan digit nilai mata uang, dan disertai dengan pengurangan digit dari barang dan jasa. Jadi rupiah dipangkas tiga digit dari belakang," ujar Angganata, seperti ditulis Selasa (22/8/2017).

Ia menambahkan, bila redenominasi jadi dijalankan di Indonesia, dampaknya minim. Oleh karena itu, masyarakat juga tak perlu memiliki kekhawatiran berlebih.

 

Saksikan Video Menarik di Bawah Ini:

 

Artikel Selanjutnya
Nilai Tukar Negara Berkembang Turun Tanda Ekonomi Dunia Membaik?
Artikel Selanjutnya
Menko Darmin: 72 Tahun Merdeka, Ekonomi RI dalam Kondisi Baik