Sukses

Hingga Agustus, Aliran Dana Asing Tembus Rp 130 Triliun

Kepercayaan internasional terhadap Indonesia masih tinggi.

Liputan6.com, Jakarta Kepercayaan internasional terhadap Indonesia masih tinggi. Buktinya, aliran dana asing (capital inflow) yang masuk ke Indonesia relatif besar.

Gubernur Bank Indonesia (BI) Agus Martowardojo mengatakan, dana asing yang masuk ke Indonesia dari Januari hingga Agustus 2017 sekitar Rp 130 triliun. Dia bilang, itu menunjukkan kepercayaan internasional pada Indonesia.

"Itu menunjukan kondisi yang confident, internasional kepada stabilitas makro ekonomi Indonesia," kata dia di Gedung BI Jakarta, Selasa (22/8/2017).

Memang, dibanding periode yang sama tahun lalu masih lebih rendah. Tahun lalu, dana asing yang masuk ke Indonesia hingga Agustus sebesar Rp 154 triliun.

"Kalau dibandingkan tahun lalu untuk periode sama masuk Rp 154 triliun. Jadi lebih banyak tahun lalu," kata dia.

Namun demikian, sepanjang tahun 2016 total dana asing yang masuk hanya Rp 126 triliun. Lantaran, pemilu yang berlangsung di Amerika Serikat (AS) membuat sebagian dana asing berbalik arah.

"Kita ingat di 2016 ketika ada announce pilpres di AS juga di dunia ada capital reversal itu yang menyebabkan sepanjang tahun 2016 dana yang masuk ke Indonesia Rp 126 triliun," tandas dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini