Sukses

Pengumuman! Lokasi Seleksi CPNS 2017 Berubah

Liputan6.com, Jakarta Pelaksanaan tahapan seleksi kompetensi dasar (SKD), seleksi kompetensi bidang (SKB) computer assisted test (CAT), dan praktik komputer untuk kualifikasi pendidikan dokter spesialis, dokter umum, dan sarjana (S-1) calon pegawai negeri sipil (CPNS) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkum HAM) mengalami perubahan.

Dikutip dari laman bkn.go.id, Rabu (23/8/2017), mulanya seleksi tersebut dilaksanakan oleh panitia pusat di Jakarta. Kemudian, diubah pelaksanaannya oleh panitia daerah di 33 Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenkum HAM sesuai dengan domisili wilayah provinsi pendaftar.

"Sedangkan tahapan SKB wawancara tetap akan dilaksanaan oleh panitia pusat di Jakarta," tulis keterangan tersebut.

Informasi tersebut tertuang dalam Surat Pengumuman Nomor SEK.KP.02.01-697 yang ditandatangani oleh Sekretaris Jenderal Kemenkum HAM selaku Ketua Panitia Seleksi, Bambang Rantam Sariwanto.

"Berdasarkan surat tersebut dijelaskan pengubahan tempat didasarkan pada hasil rapat panitia seleksi CPNS Kemenkum HAM Tahun Anggaran 2017 dengan mempertimbangkan jumlah pendaftar online ketiga jabatan di atas melalui laman https://sscn.bkn.go.id. Sementara itu untuk pelamar dengan kualifikasi SLTA/sederajat dan D3 pelaksanaan SKD dan SKB tidak mengalami perubahan dari ketentuan awal," tulis keterangan itu.

Kepala Biro Humas Badan Kepegawaian Negara (BKN) Mohammad Ridwan meminta kepada para pelamar memantau media resmi pemerintah terkait seleksi CPNS ini. Beberapa saluran tersebut seperti www.bkn.go.id, www.menpan.go.id, cpns.kemenkumham.go.id dan www.mahkamahagung.go.id.

"Budayakan membaca dengan cermat segala ketentuan yang mengatur pelaksanaan seleksi. Akses kanal media sosial resmi pemerintah. Jangan sampai terjebak informasi yang salah dengan mengikuti ketentuan tentang CPNS yang termuat dalam media informasi yang belum jelas validitasnya," ungkapnya.

Berdasarkan data center Sistem Seleksi CPNS Nasional (SSCN) BKN, jumlah pelamar total CPNS Kemenkum HAM dan Mahkamah Agung hingga 23 Agustus 2017 pukul 08.31 WIB sebanyak 901.274. Adapun rinciannya, jumlah pelamar CPNS Kemenkum HAM sebanyak 874.070 dan pelamar CPNS Mahkamah Agung sebesar 27.204.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pelamar CPNS Kemenkumham

Total pelamar yang mendaftar untuk mengisi formasi calon pegawai negeri sipil (CPNS) di lingkungan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) serta Mahkamah Agung (MA) telah mencapai 788.208 orang hingga Jumat, 18 Agustus 2017 pukul 13.49 WIB. Dari jumlah itu, pelamar CPNS di Kemenkumham mencapai 764.729 orang, dan pelamar di MA mencapai 23.479 orang.

Data yang diterima dari Humas Badan Kepegawaian Negara (BKN), Jumat pekan ini, menunjukkan, untuk lamaran yang masuk tercatat di Kemenkumham sebanyak 11.580 orang. Sementara untuk formasi di MA sebanyak 356 orang.

"Untuk jumlah pembuat akun di https://sscn.bkn.go.id secara keseluruhan tercatat 1.071.536, sementara hari ini saja tercatat 13.481 pembuatan akun baru," ungkap salah satu staf Humas BKN, seperti dikutip dari laman Setkab, Sabtu (19/8/2017).

Sebagaimana diketahui, pemerintah membuka lowongan untuk mengisi 18.925 formasi CPNS di Kemenkumham dan Mahkamah Agung, dengan rincian 17.241 formasi ada di Kemenkumham dan 1.684 formasi di Mahkamah Agung.

Pendaftaran untuk mengisi formasi ini hanya bisa dilakukan melalui online di https://sscn.bkn.go.id mulai 1 Agustus 2017 – 31 Agustus 2017.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini