Sukses

Mendag Klaim Harga Bahan Pokok Terkendali Mendekati Idul Adha

Kestabilan harga menunjukkan jika pemerintah masih mampu mengendalikan harga bahan pokok di pasar.

Liputan6.com, Jakarta Menteri Perdagangan (Mendag) Enggartiasto Lukita menyatakan, harga kebutuhan pokok masih terkendali dengan baik menjelang momen Idul Adha.

Bahkan, mendekati Idul Adha, harga beberapa komoditas justru turun. Kondisi ini dinilai menunjukkan jika pemerintah masih mampu mengendalikan harga bahan pokok di pasar.

"Alhamdulilah harga terkendali. Sampai hari ini ada beberapa harga komoditi yang turun, jadi bawang merah turun, bawang putih anjlok, cabai turun," kata dia di Kantor Kementerian Perdagangan, Jakarta, Kamis (24/8/2017).

Khusus untuk beras, penetapan Harga Eceran Tertinggi (HET‎) diyakini Enggartiasto bisa membuat harga beras turun. "Beras dengan hari ini ditetapkan HET mungkin akan ada penurunan," jelas dia.

Menurut Enggartiasto, untuk menghadapi hari raya Idul Adha, pemerintah tidak menyediakan tamban kuota ‎pasokan bahan pokok. Ini karena sudah ada perencanaan pasokan sebelumnya.

‎"Tidak usah tambahan kuota, karena kita siapkan suplainya. Aman, seaman-amannya umat. Kami lihat, kalau beras pertama kali aman ya aman," tutup Enggar.

Tonton video menarik berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.