Sukses

Lippo Akuisisi 4 Rumah Sakit

Siloam menargetkan untuk mengoperasikan dan mengelola 50 rumah sakit pada akhir tahun 2019.

Liputan6.com, Jakarta - Sebagai bagian dari rencana ekspansi rumah sakit dan mal ritel, PT Lippo Karawaci Tbk (LPKR) melalui anak usahanya di bidang pelayanan kesehatan, [Siloam](http://bisnis.liputan6.com/read/2829579/siloam-hospital-akuisisi-2-rumah-sakit ""), telah mengambil alih empat rumah sakit. Hingga saat ini, Siloam telah memiliki 31 rumah sakit. 

Keempat rumah sakit yang telah diambil alih oleh Lippo tersebut adalah Rumah Sakit Umum Sentosa (Sentosa) di Bekasi senilai Rp 26,5 miliar. Rumah Sakit Grha Ultima Medika (GUM) di Mataram senilai Rp 155 miliar. Rumah Sakit Umum Putera Bahagia (RSUPB) di Cirebon senilai Rp 130 miliar. Terakhir, Rumah Sakit Hosana Medica (RSHM) di Bekasi senilai Rp 150 miliar.

Presiden Direktur Lippo Karawaci Ketut Budi Wijaya mengatakan, selain akusisi sejumlah Rp 461 miliar ini, Siloam juga telah membuka empat rumah sakit greenfield, yaitu [Siloam](http://bisnis.liputan6.com/read/2829579/siloam-hospital-akuisisi-2-rumah-sakit "") Hospitals Bangka Belitung, Siloam Hospitals Bogor, Siloam Hospitals Yogyakarta, dan Siloam Hospitals Bekasi Timur. Dengan begitu, jumlah rumah sakit di bawah pengelolaan Siloam mencapai 31 rumah sakit.

"Selain itu, Siloam berencana untuk meningkatkan modal melalui Penawaran Umum Terbatas dengan menerbitkan sebanyak-banyaknya 325,20 juta saham baru atau 25 persen dari modal disetor dengan nilai nominal Rp 100 per saham untuk membiayai rencana ekspansi perusahaan," jelas dia dalam keterangan tertulis, Jumat (25/8/2017).

Siloam menargetkan untuk mengoperasikan dan mengelola 50 rumah sakit pada akhir tahun 2019. Siloam akan mengadakan Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) pada tanggal 4 September 2017, untuk mendapatkan persetujuan dari para pemegang saham atas rencana Penawaran Umum Terbatas tersebut.

Ketut melanjutkan, [Siloam](http://bisnis.liputan6.com/read/2829579/siloam-hospital-akuisisi-2-rumah-sakit "") Hospitals Yogyakarta, yang lama dinanti telah beroperasi dan saat ini kembali masuk dalam pipeline aset yang akan dijual kepada REITS. "Model bisnis capital recycling kami, akan kembali menunjang pendapatan keseluruhan perseroan untuk tahun buku 2017." tutur dia. 

Tonton Video Menarik Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Meikarta

Di luar Siloam, Lippo Karawaci juga sedang mengembangkan proyek Meikarta, kota internasional baru. Proyek ini merupakan proyek investasi terbesar milik Lippo sejak lebih dari enam dekade terakhir.

Meikarta terletak di jantung koridor Jakarta-Botabek-Bandung yang berkembang pesat, di mana 60 persen perekonomian nasional Indonesia berada. Proyek ini dikelilingi oleh beberapa kota baru, termasuk Lippo Cikarang, Jababeka, dan MM2100, kawasan industri yang memproduksi lebih dari 1 juta mobil, 10 juta sepeda motor, jutaan unit kulkas, berbagai produk elektronik dan peralatan rumah tangga kelas atas, setiap tahunnya.

Nilai strategis Meikarta akan meningkat dengan dibangunnya beberapa proyek infrastruktur penting di kawasan ini, antara lain kereta cepat Jakarta-Bekasi-Cikarang-Bandung, Pelabuhan Patimban, Bandara Internasional Kertajati dan Light Rail Transport (LRT) Cawang-Bekasi Timur-Cikarang.

Selain itu, ada juga Automated People Mover (Monorel) yang menghubungkan tujuh kota baru di sekitar Meikarta, serta Jalan Layang Tol Jakarta-Cikampek. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.