Sukses

Sepertiga Miliarder Teknologi Terkaya Berasal dari Asia

Sebanyak 35 dari 100 orang miliarder dalam daftar tersebut mendirikan industrinya di Asia.

Liputan6.com, New York - Majalah bisnis Forbes merilis daftar miliarder terkaya yang mendulang harta dari bisnisnya di bidang teknologi. Di daftar tahun 2017, lebih dari sepertiga miliarder teknologi terkaya berasal dari Asia-Pasifik.

Seperti dilaporkan Forbes, Minggu (27/8/2017), sebanyak 35 dari 100 orang miliarder dalam daftar tersebut mendirikan industrinya di Asia. China dan HongKong memimpin presentase jumlah miliarder dengan total pebisnis mencapai 21 orang.

Selain China dan Hong Kong, miliarder dari Taiwan juga mampu masuk dalam daftar tersebut. Total, ada empat taipan yang mendulang kekayaan dari bisnis teknologi. Mereka juga mitra bisnis dari perusahaan raksasa Apple.

Sementara itu, predikat miliarder teknologi terkaya dari Asia dipegang oleh Jack Ma. Nilai saham perusahaannya meroket tinggi pada pertengahan Agustus lalu. Kekayaan miliarder satu ini berada di angka 37,4 miliar.

Menguntit dibelakang Jack Ma, ada pebisnis teknologi lain asal China Ma Huateng. Taipan satu ini sempat menduduki peringkat teratas orang terkaya di Asia. Namun sayang, hal itu tak berlangung lama setelah posisinya harus kembali disalip oleh sang Bos Alibaba Group.

Pemilik perusahaan Tencent ini sukses besar berkat aplikasi pesan WeChat yang digandrungi penduduk Asia. Setiap bulan, hampir 1 miliar orang menggunakan aplikasi garapannya.

Meski jumlah orang Asia yang masuk daftar miliarder teknologi terkaya terus meningkat, posisi lima besar masih ditempati oleh miliarder Amerika Serikat.

Posisi puncak dipegang oleh Bill Gates dengan kekayaan US$ 84,5 miliar. Setelahnya ada Jeff Bezos yang memiliki US$ 81,7 miliar. Bos Facebook Mark Zuckerberg, pendiri Oracle Larry Page serta duo Bos Google Larry Page dan Sergey Brin duduk di posisi ketiga hingga keenam.

Simak video menarik di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Miliarder adalah seseorang yang memiliki kekayaan bersih setidaknya satu miliar (1.000.000.000 atau seribu juta) unit mata uang tertentu.

    Miliarder

  • Orang terkaya adalah orang yang memiliki harta paling berlimpah.

    Orang Terkaya