Sukses

Ribuan ATM Bank Tak Beroperasi karena Gangguan Satelit Telkom 1

Sejumlah layanan ATM bank terganggu akibat anomali yang terjadi pada satelit I milik Telkom

Liputan6.com, Jakarta Sejumlah layanan bank terganggu akibat anomali yang terjadi pada satelit I milik Telkom. Ribuan ATM tak bisa beroperasi secara normal karena gangguan satelit ini.

Termasuk Bank BCA. Sebanyak 5.000 ATM Bank BCA mengalami gangguan karena gangguan satelit Telkom I

Direktur Utama PT Bank BCA, Jahja Setiaatmaja mengatakan, akibat dari peristiwa ini, sekitar 30 persen dari total ATM Bank BCA mengalami gangguan. Selain itu, sebanyak 100 kantor kas pun terdampak karena hal ini.

"Ada 5.000 ATM yang offline, atau 30 persen dari total ATM dan 100 kantor kas," tutur Jahja kepada Liputan6.com, Minggu (27/8/2017).

Sampai sekarang Jahja mengatakan masih dilakukan upaya perbaikan agar layanan kembali berfungsi normal. Dari 100 kantor kas yang terdampak, baru 65 kantor kas yang sudah pulih dan dipastikan besok Senin sudah beroperasi normal.

Sementara ATM, Jahja belum bisa memastikannya.

"Sedang diupayakan, tim kami sedang terus kontak dengan Telkom dan switching Company," tuturnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Mandiri dan BRI


Selain Bank BCA, sejumlah bank lain juga mengalami gangguan karena anomali yang terjadi pada satelit Telkom ini. Termasuk bank-bank BUMN.

Bank BRI mencatat dari 24 ribu ATM milik Bank BRI hanya sekitar 300 ATM yang terkena dampak ini. Selain itu ada 130 kantor unit yang juga terkena pengaruhnya.

Hal ini disebabkan, satelit Telkom I digunakan BRI untuk operasional ATM di daerah remote, terpencil atau terluar, bukan di kota-kota besar.

Selain itu, BRI juga mempercepat migrasi dari ATM yang masih menggunakan satelit Telkom ke BRISat. Jadi mayoritas ATM BRI sekarang menggunakan satelit milik sendiri.

Sama halnya dengan BRI, Bank Mandiri juga mengklaim gangguan yang terjadi pada satelit Telkom tak begitu memberikan dampak negatif pada layanan ke nasabah.

Dari sekitar 17 ribu ATM, sekitar 2.000 ATM Mandiri masih menggunakan satelit Telkom I. "Jadi sekitar 13 persen-14 persen dari total ATM, jadi mudah-mudahan tidak terlalu mengganggu," ujar Corporate Secretary Bank Mandiri Rohan Hafas di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), Minggu (27/8/2017).

Dia mengungkapkan, dari 2.000 ATM‎ tersebut, rata-rata berada di wilayah terpencil dan terluar. Sedangkan di kota-kota besar tidak menggunakan layanan satelit tersebut.

Sejumlah ATM bank lain seperti BNI dan lainnya juga mengalami gangguan yang sama. Namun belum dipastikan berapa jumlah ATM yang terdampak.


 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.