Sukses

Cara Mempersiapkan Keuangan Bersama Pasangan

Berikut adalah cara untuk mempersiapkan keungan bersama pasangan Anda.

Liputan6.com, Jakarta - Dalam hidup berumah tangga, saling terbuka soal keuangan adalah hal yang penting. Selain itu, mempersiapkan keuangan bersama pasangan juga hal yang penting. Tapi hal tersebut jika Anda dan pasangan sudah mantap untuk membangun masa depan bersama.

Namun, terkadang dalam sebuah perencanaan keuangan, pasti ada salah satu dari Anda atau pun pasangan Anda yang mengeluhkan hal macam-macam. Kurang adil atau mungkin tidak sesuai keinginan. Memang perlu dibicarakan secara baik-baik agar pengelolaan keuangan bersama bisa berjalan lancar.

Dikutip dari thebalance, Sabtu (2/9/2017), berikut ini cara untuk mempersiapkan keuangan bersama pasangan Anda, agar salah satu dari Anda lebih sadar akan keuangan:

1. Tetapkan tujuan

Buka percakapan Anda dengan pasangan dengan menyarankan untuk hidup lebih hemat dan mempertimbangkan segala sesuatu di masa depan jika ingin menggunakan uang. Apalagi, jika Anda dan pasangan sudah merasa mantap untuk menatap masa depan bersama.

Untuk tahap awal, jangan paksa pasangan Anda untuk hidup hemat. Tetapi, ajarkan ia untuk dapat memilih dan memilah mana yang penting dan tidak penting dimasukkan dalam daftar pengeluaran.

Tentukan tujuan Anda berdua kedalam daftar penting keuangan Anda. Misalkan menikah, berlibur, berbulan madu, dan lainnya.

2. Hitung secara realistis

Setelah Anda menyetujui tujuan Anda untuk masa depan, perkenalkan konsep uang dan ungkapan itu dalam perkiraan yang realistis.

Misalnya harga sebuah rumah yang akan ditempati bersama. Anggap saja Anda dan pasangan akan membeli rumah dengan harga 300 juta rupiah dan Anda berdua memerlukan uang muka sebesar 60 juta jika minimal 20 persen. Lalu hitung juga cicilan yang harus dikeluarkan.

Jika hitungan tersebut masuk maka jalankan tujuan tersebut tetapi jika memang tidak masuk maka harus menetapkan kembali tujuan yang realistis.

3. Mulai menjalankan

Sekarang setelah Anda memiliki target penghematan bulanan tertentu, Anda harus mendiskusikan bagaimana mencari uang ini. Sarankan mengurangi beberapa biaya, dapatkan uang ekstra dari pekerjaan sampingan, atau kombinasi keduanya untuk mencapai sasaran tabungan bulanan Anda. (Fransiska Wahyuning)

Tonton Video Menarik Berikut Ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.