Sukses

China Southern Airlines Gabung ke Terminal 3 Bandara Soetta

China Southern Airlines sendiri melayani penerbangan ke Shenzhen dan Guangzhou.

Liputan6.com, Jakarta - China Southern Airlines bergabung di Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno Hatta (Soetta). Penerbangan perdana akan dilakukan pada Selasa, 29 Agustus 2017.

Tepatnya pada Selasa malam, salah satu maskapai terbesar di Asia itu akan tiba perdana dari Terminal 3 Internasional. Rencananya, China Southern Airlines mendarat dengan membawa penumpang dari Guangzhou sekitar 121 orang. China Southern sendiri melayani penerbangan ke Shenzhen dan Guangzhou.

"Seluruh persiapan telah dilakukan. Kami akan menyambut penerbangan perdana China Southern ke Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta ,” tutur Dewandono Prasetyo, Branch Communication Manager PT Angkasa Pura II, Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Senin (28/08/2017).

Dengan demikian, sudah ada enam maskapai internasional baru yang membuka jalur penerbangannya di Terminal 3 Bandara Soetta. Sebelumnya ada Saudi Arabian Airlines, Vietnam Airlines, Korean Airlines, Xiamen Airlines dan China Airlines yang telah lebih dahulu pindah beroperasi ke Terminal 3.

Prasetyo menuturkan, PT Angkasa Pura II menargetkan pada 2018 nanti seluruh maskapai yang memiliki rute Internasional juga turut pindah ke Terminal 3. Untuk itu, seluruh pelayanan berkelas internasional pun sudah dilengkapi sedari awal terminal tersebut berdiri pada tahun lalu.

"Kami juga sudah menerapkan common use check-in counter system yang juga sudah diterapkan bandara berkelas dan terbaik di dunia," kata dia.

 

Saksikan Video Menarik di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Maskapai Sudah Gunakan Terminal 3 Bandara Soetta

Sebelumnya, setelah Saudi Arabian Airlines pindah ke Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta) pada Senin 10 Juli kemarin, Vietnam Airlines juga bergabung di terminal teranyar di bandara tersebut pada 12 Juli 2017. Sebelumnya, maskapai internasional tersebut berada di Terminal 2.

Vietnam Airlines melayani rute Jakarta-Hanoi dan Jakarta-Ho Chi Minh. Seluruh penerbangan ini akan menggunakan pesawat wide body Airbus 320 NG.

Senior General Manager Bandara Internasional Soekarno-Hatta, M Suriawan Wakan menjelaskan, salah satu tujuan dari perpindahan maskapai internasional yang tergabung dalam Skyteam dari Terminal 2 ke Terminal 3 adalah mengurai kepadatan penumpang.

"Kami sudah melakukan optimalisasi sarana dan prasarana di Terminal 3. Baik dari sisi pelayanan dan fasilitas, seperti sisi airside dan landside sudah kami persiapkan," tutur dia, Rabu 12 Juli 2017.

Seperti diketahui, maskapai pertama yang menggunakan terminal 3 Bandara Soetta adalah Garuda Indonesia. Penerbangan nasional maupun internasional maskapai tersebut di Terminal 3 hingga kini berjalan lancar dan dinilai sukses.

Guna mendukung kelancaran operasional, Terminal 3 juga dilengkapi dengan 64 konter imigrasi, masing-masing 32 konter imigrasi di keberangkatan dan kedatangan. Selain itu juga terdapat total 32 autogate imigrasi, di mana masing-masing 15 autogate imigrasi di keberangkatan dan 17 autogate imigrasi kedatangan.

"Kami juga sudah menerapkan common use check-in counter system yang juga sudah diterapkan bandara terbaik di dunia," kata Wakan.(Pramita Tristiawati)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.