Sukses

Volume Kendaraan Naik 25 Persen Saat Puncak Arus Balik Idul Adha

Jasa Marga mempersiapkan antisipasi peningkatan lalu lintas di gerbang tol Cikarang Utama dengan optimalkan 31 gardu operasional.

Liputan6.com, Jakarta - PT Jasa Marga (Persero) Tbk memprediksi peningkatan volume kendaraan sebanyak 25 persen di Gerbang Tol (GT) Cikarang Utama, saat puncak arus balik libur panjang Idul Adha 2017 pada Minggu 3 September 2017.

Corporate Communication PT Jasa Marga Tbk Dwimawan Heru Santoso mengatakan,‎ sebagai salah satu akses masuk menuju Jakarta, yang berasal dari Wilayah Jawa Barat, Jawa Tengah, dan sekitarnya.

Volume lalu lintas GT Cikarang Utama pada Minggu, 3 September 2017 diprediksi sebesar 97.086 kendaraan, atau meningkat 25 persen dari lalu lintas normal yaitu sebesar 77.331 kendaraan.

"Saat puncak arus balik Idul Adha, prediksi peningkatan kendaraan yang melintas GT Ciarang Utama mencapai 25 perse," kata Dwimawan, di Jakarta, Sabtu (2/9/2017).

Dia menuturkan, Jasa Marga telah mempersiapkan antisipasi peningkatan lalu lintas di GT Cikarang Utama, dengan melakukan upaya-upaya seperti memaksimalkan 31 gardu operasional yang menuju arah Jakarta, dan pengalihan kendaraan melalui GT Cikarang Barat 2 jika terjadi antrean di GT Cikarang Utama lebih dari 1 Km.

Sementara untuk mengurai kepadatan lalu lintas setelah GT Cikarang Utama yang menuju Jakarta, Jasa Marga akan berkoordinasi dengan pihak Kepolisian untuk melakukan contraflow mulai dari KM 29 hingga KM 21.

Jasa Marga terus mengimbau pengguna jalan untuk dapat mengatur jadwal perjalanan balik menuju Jakarta, dan selalu menggunakan uang elektronik untuk pembayaran tol agar dapat mempercepat waktu transaksi, serta dapatkan diskon 10 persen hingga 3 September 2017 periode shift 3.

Menghadapi arus balik libur panjang, Jasa Marga terus berupaya meningkatkan pelayanan untuk pengguna jalan tol. Perseoan menyediakan layanan informasi real time, yang dapat diakses melalui :

- Call Center Jasa Marga 24 jam di nomor telepon 14080
- Twitter @PTJASAMARGA (khusus informasi lalu lintas) dan @official_JSMR (untuk informasi umum lainnya)
- Instagram @official.jasamarga
- Aplikasi Mobile JMCARe yang dilengkapi fitur push notifications.
- Website Jasa Marga www.jasamarga.com

 

Saksikan Video Menarik di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3 Skenario Lalu Lintas Hadapi Arus Balik

Sebelumnya, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyiapkan tiga skenario lalu lintas, untuk mengantisipasi puncak kepadatan arus balik Idul Adha 2017 atau 1438 Hijriah.

Sekretaris Jenderal Kementerian Perhubungan Sugihardjo mengungkapkan, arus balik Idul Adha diprediksi terjadi pada Minggu 3 September 2017. Pada momen tersebut, PT Jasa Marga Tbk telah menyiapkan tiga skenario guna mengantisipasi kepadatan arus balik menuju Jakarta.

Skenario yang disiapkan ada tiga, pertama memperbanyak gardu tol. Jumlahnya sampai 31 gardu dan juga menempatkan petugas-petugas untuk membantu mempercepat transaksi.

"Kita sudah siapkan tiga skenario" kata Sugihardjo dalam keterangan tertulisnya, di Jakarta, Sabtu 2 September 2017.

Skenario kedua yaitu, jika terjadi kepadatan di arus balik menuju Jakarta, akan diberikan jalur yang melambung dari Gerbang Tol (GT) Cikarang Utama dan ada bukaan di GT Cikarang Barat 2, serta GT Cikarang Barat 3. Skenario ketiga yaitu Jasa Marga akan memberlakukan contraflow di titik-titik tertentu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.