Sukses

Tarif KA Ranggajati Jember-Surabaya Naik Mulai Awal September

Pembelian tiket tarif khusus KA Ranggajati jurusan Jember-Cirebon bisa dilakukan pada tiga jam sebelum jadwal keberangkatan.

Liputan6.com, Jakarta - KAI menyesuaikan tarif KA Ranggajati untuk khusus pembelian tiket langsung jurusan Jember-Surabaya mulai 1 September 2017. Tarif KA Ranggajati untuk khusus pembelian tiket langsung (go show), jurusan Jember-Surabaya naik, untuk kelas eksekutif naik dari Rp 65.000 menjadi Rp 100.000. Sedangkan tarif kelas bisnis dari Rp 45.000 menjadi Rp 80.000.

"Perubahan tarif tiket langsung KA Ranggajati mulai diberlakukan sejak 1 September 2017 dan sudah disosialisasikan kepada pengguna jasa kereta api," kata Manajer Humas PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasi 9 Luqman Arif di Kabupaten Jember, Jawa Timur, seperti dikutip dari laman Antara, Minggu (3/9/2017).

Ia mengatakan tarif khusus Rp 45.000 untuk kelas bisnis dan Rp 65.000 untuk kelas eksekutif ditetapkan sejak setahun lalu saat diluncurkan KA Ranggajati pada November 2016, sehingga tahun 2017 diperlukan penyesuaian tarif tiket kereta api.

"Tiket go show KA Ranggajati perlu penyesuaian dengan kondisi harga saat ini, sehingga PT KAI menetapkan kebijakan untuk perubahan tarif khusus dengan relasi Jember-Surabaya saja," kata Luqman.

Dia menuturkan, pembelian tiket tarif khusus KA Ranggajati jurusan Jember-Cirebon tersebut bisa dilakukan pada tiga jam sebelum jadwal keberangkatan kereta api dan hanya dilayani di loket stasiun, serta untuk relasi Jember-Surabaya saja.

"Rangkaian KA Ranggajati terdiri dari empat kereta kelas eksekutif, empat kereta kelas bisnis, satu kereta makan dan satu kereta pembangkit dengan kapasitas 456 tempat duduk," kata dia.

Saksikan Video Menarik di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jadwal Keberangkatan KA Ranggajati

Jadwal keberangkatan KA Ranggajati dari Stasiun Jember yakni pukul 05.00 WIB dan dijadwalkan sampai Stasiun Cirebon pada pukul 19.52 WIB, atau menempuh perjalanan kurang lebih sekitar 14 jam 52 menit.

"Dalam perjalanannya, KA Ranggajati berhenti di Stasiun Tanggul, Klakah, Probolinggo, Pasuruan, Probolinggo, Sidoarjo, Surabaya Gubeng, Jombang, Kertosono, Madiun, Solo Balapan, Yogyakarta, Kutoarjo, Purwokerto dan terakhir Stasiun Cirebon," tutur dia.

Luqman menjelaskan, KA Ranggajati mulai beroperasi pada 1 November 2016 untuk memenuhi tingginya animo masyarakat yang ingin bepergian menggunakan moda transportasi kereta api.

"Harga tiket KA Ranggajati untuk kelas eksekutif dengan relasi terjauh berkisar Rp 240.000 - Rp 650.000, sedangkan untuk kelas bisnis kisaran Rp180.000 - Rp400.000," ujar dia..

Sementara salah seorang mahasiswi Lutfiah mengeluh dengan kenaikan tarif khusus KA Ranggajati tersebut, karena biasanya ia bersama rekan-rekannya pulang ke rumah orangtuanya di Surabaya menggunakan KA Ranggajati.

"Saya biasanya bersama teman-teman yang juga asal Surabaya menggunakan KA Ranggajati untuk pulang kampung, karena lebih murah dibandingkan kereta lainnya. Namun, kini harga tarif khususnya sudah naik menjadi Rp 65.000 untuk bisnis," ujar Lutfiah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.