Sukses

Sudah Digaji, Menhub Larang Porter Bandara Soetta Minta Tip

Keberadaan airport helper di Bandara Soetta, sangat membantu para penumpang, terutama di saat peak season libur.

Liputan6.com, Jakarta PT Angkasa Pura II (Persero) menggratiskan jasa tenaga angkut barang (porter) di Terminal 1 dan 2 Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) per 1 September. Nama porter pun diubah menjadi airport helper yang memang bertujuan untuk membantu penumpang dan bebas dari uang tip.

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengapresiasi langkah Angkasa Pura II dalam meningkatkan layanan ke penumpang. Apalagi Badan Usaha Milik Negara (BUMN) itu juga sudah menggaji airport helper sesuai standar Upah Minimum Regional (UMR).

"Saya apresiasi langkah Angkasa Pura II menggratiskan uang tip dan membayar atau menggaji mereka (airport helper)," kata Budi Karya usai menggelar Video Conference di kantornya, Jakarta, Minggu (3/9/2017).  

Keberadaan airport helper di Bandara Soetta, diakui Budi Karya, sangat membantu para penumpang, terutama di saat peak season libur Lebaran Idul Adha seperti sekarang. Hal ini juga menjadi salah satu perhatian Menhub dalam rangka meningkatkan pelayanan.

"Pasti membantu penumpang, karena di Indonesia kan porter jadi satu kebutuhan. Biasanya barang bawaan penumpang banyak," ujar Mantan Direktur Utama Angkasa Pura II itu.

Ia meminta kepada manajemen Angkasa Pura II untuk terus mengawasi para airport helper, terutama soal uang tip. "Saya harap tidak ada tip. Teman-teman awasi porter jangan minta (tip) lagi," harap Budi Karya.

Tonton video menarik berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.