Sukses

KRL Rute Cikarang-Jakarta Kota Beroperasi 17 September 2017

Direktorat Jendral Perkeretaapian Kementerian Perhubungan menjadwalkan pengoperasian KRL rute Cikarang-Jakarta Kota pada 17 September 2017.

Liputan6.com, Jakarta Direktorat Jendral Perkeretaapian Kementerian Perhubungan menjadwalkan pengoperasian KRL rute Cikarang-Jakarta Kota pada 17 September 2017.

Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Prasarana Ditjen Perkeretaapian Kemenhub Zulfikri mengungkapkan saat ini pihaknya yang berkoordinasi dengan PT KAI Commuter Jabodetabek (KCJ) tengah mempersiapkan sarana pendukung.

"Kita sesuai rencana akan operasikan KRL hingga ke Cikarang itu pada 17 September 2017," kata Zulfikri di kantor Kemenhub, Senin (4/9/2017).

Dijelaskannya, persiapan yang dilakukan di antaranya penyediaan gate di beberapa stasiun yang akan dilewati, terutama di Stasiun Cikarang. Penyediaan gate ini dilakukan oleh KCJ.

Hanya saja, ditegaskan Zulfikri, sampai saat ini masih ada beberapa stasiun yang akan dilewati belum rampung pembangunannya.

"Jadi ada dua setengah stasiun yang belum siap, yaitu seperti Stasiun Tambun, Cikarang dam Bekasi. Karena kemarin belum tersentuh," tegas dia.

Uji coba pengoperasian

Sebelumnya, Vice President Communication KCJ Eva Chairunisa mengatakan untuk menjalankan KRL hingga ke Stasiun Cikarang tersebut masih menunggu penugasan dari Direktorat Jendral Perhubungan Perkeretaapian Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

"Uji coba kemarin lancar, kalau kami dari sisi operator masih menunggu penugasan dari Ditjen KA," kata Eva kepada Liputan6.com.

Namun begitu, Eva menuturkan, KCJ telah melakukan berbagai persiapan untuk pelayanan KRL di Stasiun Cikarang tersebut. Salah satunya, KCJ mempersiapkan pemasangan 6 gate di Stasiun Cikarang sebagai akses keluar masuk penumpang.

Dengan ada perpanjangan rute dari Jakarta Kota menuju Cikarang ini, akan memudahkan masyarakat Cikarang menuju Jakarta. Selama ini warga Cikarang hanya bisa menggunakan KA Lokal dan jalan tol.

Mengenai harga, Eva mengaku akan tetap terjangkau, meski perjalanan kereta dari Jakarta Kota yang biasanya berhenti di Bekasi, sebagian akan diperpanjang hingga Cikarang.

"Estimasi tarif sekitar Rp 5.000 untuk Cikarang-Jakarta Kota dengan jarak sejauh 43,9 kilometer," tegas Eva. (Yas)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.