Sukses

Mau Cek Pengumuman CPNS Kemenkumham 2017? Kunjungi 4 Situs Ini

Ada empat situs yang bisa dimanfaatkan untuk melihat pengumuman CPNS Kemenkumham 2017.

Liputan6.com, Jakarta - Pengumuman hasil seleksi administrasi calon pegawai negeri sipil (CPNS) di lingkungan Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) serta Mahkamah Agung (MA) diumumkan hari ini. Untuk melihat hasil pengumuman CPNS Kemenkumham 2017, pendaftar bisa mengaksesnya di beberapa portal milik pemerintah.

Kepala Biro Hubungan Masyarakat (Humas) BKN, Mohammad Ridwan, mengungkapkan, ada tiga situs yang bisa dipakai untuk melihat pengumuman CPNS ini. Rencananya, pengumuman bisa diakses hingga tengah malam.

"Jadi memang rencananya hari ini diumumkan, kalau tidak ada halangan tunggu saja hingga pukul 23.59 WIB," jelasnya.

Empat situs yang bisa diakses untuk melihat pengumuman CPNS 2017 itu adalah:

  1. www.bkn.go.id
  2. https://cpns.kemenkumham.go.id
  3. https://www.mahkamahagung.go.id
  4. https://sscn.bkn.go.id

Lebih lanjut, untuk menjamin kenyamanan dalam mengakses pengumuman CPNS Kemenkumham 2017 hasil seleksi CPNS 2017 untuk Kemenkumham dan MA, para pelamar diimbau untuk memanfaatkan situs sscn.bkn.go.id yang didesain andal dalam menanggulangi lonjakan pengunjung.

Dalam akun cuitan di akun Twitter resminya, pihak BKN mengatakan bahwa situs ini bisa digunakan untuk memudahkan pelamar melihat pengumuman CPNS Kemenkumham 2017.

"Situs http://www.bkn.go.id memang didesain hemat bandwidth agar https://sscn.bkn.go.id dapat terus berfungsi normal"

 Tonton video menarik berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Selanjutnya

Setelah diumumkan siapa saja yang lolos seleksi administrasi CPNS 2017, tahap selanjutnya adalah menjalani tes kompetensi dasar atau Seleksi Kompetensi Dasar (SKD). Seleksi tersebut rencananya akan dimulai pada 10 September 2017.

"Masuk tahap seleksi kompetensi dasar oleh BKN dimulai 10 September ke atas, sesuai jadwal," ujar Ridwan.

Tidak berhenti sampai di situ. Ridwan menjelaskan, seleksi berikutnya setelah SKD adalah Seleksi Kompetensi Bidang (SKB), dan seleksi lainnya, termasuk untuk lulusan SMA pada posisi penjaga lapas. "Kami ditargetkan oleh Menteri PAN-RB pada 1 Desember 2017 sudah terhitung mulai tanggal bekerja. Makanya kami sedang bekerja keras memenuhi target itu," tegas Ridwan.

3 dari 4 halaman

Selanjutnya

Berdasarkan rekapitulasi akhir, pelamar CPNS di Kemenkumham dan MA per 31 Agustus 2017 pukul 23.59, total pendaftar mencapai 1.146.853 pelamar. Terdiri dari 1.116.138 pelamar Kemenkumham dan 30.715 pelamar untuk di lingkungan MA.

Posisi paling laris manis dilamar peserta CPNS adalah penjaga tahanan yang mencapai 634.131 orang, sedangkan jumlah formasi yang tersedia 13.720. Kemudian disusul posisi analis keimigrasian pertama dengan jumlah pelamar 171.880 orang dan posisi pemeriksa paten pertama 36.929 pelamar.

Jutaan pelamar itu harus bersaing ketat karena formasi CPNS yang dibuka untuk kedua instansi hanya 19.210 orang. Rinciannya, 1.684 untuk MA serta 17.526 untuk Kemenkumham.

4 dari 4 halaman

Langkah selanjutnya

Kepala Biro Hubungan Masyarakat (Humas) BKN, Mohammad Ridwan mengungkapkan, setelah diumumkan siapa saja yang lolos seleksi administrasi CPNS 2017, maka tahap selanjutnya adalah menjalani tes kompetensi dasar atau Seleksi Kompetensi Dasar (SKD). Seleksi tersebut rencananya akan dimulai pada 10 September 2017.

"Masuk tahap seleksi kompetensi dasar oleh BKN dimulai 10 September ke atas, sesuai jadwal," ujarnya.

Tidak berhenti sampai di situ. Ridwan menjelaskan, seleksi berikutnya setelah SKD adalah Seleksi Kompetensi Bidang (SKB), dan seleksi lainnya, termasuk untuk lulusan SMA pada posisi penjaga lapas.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.