Sukses

Situs Pengumuman CPNS Kemenkumham 2017 Tumbang, Ini Alternatifnya

BKN mengumumkan hasil seleksi administrasi pendaftaran CPNS di Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) dan Mahkamah Agung pada Selasa ini.

Liputan6.com, Jakarta - Badan Kepegawaian Nasional (BKN) mengumumkan hasil seleksi administrasi pendaftaran CPNS di Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) dan Mahkamah Agung pada Selasa ini. Pendaftaran sendiri telah ditutup pada 31 Juli 2017. BKN memberikan beberapa situs alternatif untuk pengumuman seleksi tersebut.

Kepala Biro Humas Badan Kepegawaian Negara (BKN), Mohammad Ridwan mengungkapkan, karena terlalu banyak masyarakat yang ingin melihat pengumuman kelolosan tes administrasi di situs resmi BKN yaitu www.bkn.go.id, maka laman tersebut tumbang. 

"Dari tadi dini hari, pukul 00.01 WIB itu yang buka website kita sudah banyak, makanya sekarang itu tumbang, tidak bisa diakses," kata Ridwan kepada Liputan6.com, Selasa (5/9/2017).

Laman resmi BKN memang didesain memilliki kapasitas akses yang kecil. Oleh karena itu, Ridwan menjelaskan, wajar jika laman BKN tumbang karena banyaknya pengakses.

Pihak BKN tidak akan menambah kapasitas akses website resmi BKN, melainkan para peserta yang sudah mendaftar CPNS untuk bisa mengunjungi situs lain yang sudah disiapkan pihak BKN, Kementerian Kumham dan Mahkamah Agung.

"Sekarang situs https://cpns.kemenkumham.go.id itu juga hampir tumbang, kadang bisa diakses, kadang tidak bisa, biarkan saja, biarkan itu jadi alternatif," tegasnya.

BKN menyarankan kepada para pendaftar untuk mengakses https://sscn.bkn.go.id. Situs yang disiapkan BKN ini memiliki kapasitas yang lebih besar diantara semuanya, yaitu mampu menerima 500 ribu akses per detiknya.

"Untuk memabntu mengumumkannya, kita juga akan lakukan via Facebook dan Twitter resmi BKN," tutup dia. 

Tonton Video Menarik Berikut Ini:

Diburu pelamar

Berdasarkan rekapitulasi akhir, pelamar CPNS di Kemkumham dan MA per 31 Agustus 2017 pukul 23.59, total pendaftar mencapai 1.146.853 pelamar. Terdiri dari 1.116.138 pelamar Kemkumham dan 30.715 pelamar untuk di lingkungan MA.

Posisi paling laris manis dilamar peserta CPNS 2017 adalah penjaga tahanan yang mencapai 634.131 orang, sedangkan jumlah formasi yang tersedia 13.720. Kemudian disusul posisi analis keimigrasian pertama dengan jumlah pelamar 171.880 orang dan posisi pemeriksa paten pertama 36.929 pelamar.

Jutaan pelamar itu harus bersaing ketat karena formasi CPNS 2017 yang dibuka untuk kedua instansi mencapai 19.210 orang. Terdiri dari 1.684 untuk MA dan 17.526 untuk Kementerian Hukum dan HAM.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pengumuman ditunda?

BKN sampai Selasa sore ini belum juga mengumumkan hasil seleksi administrasi CPNS di dua instansi pemerintahan, yaitu Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) serta Mahkamah Agung.

Kepala Biro Humas Badan Kepegawaian Nasional (BKN), Mohammad Ridwan, menjelaskan proses pengumuman CPNS Kemenkumham 2017 sendiri tahapannya adalah pihak kementerian Kumham dan MA terlebih dahulu menyerahkan data pelamar yang dinyatakan lulus ke BKN.

"Baru data itu akan kita upload di situs yang sudah kita sediakan. Nah sampai sore ini saya cek, data dari mereka (Kemenkumham dan MA) belum juga masuk," kata Ridwan kepada Liputan6.com, Selasa (5/9/2017).

Namun begitu, seluruh pegawai BKN masih terus siaga untuk menyelesaikan proses pengumuman administrasi CPNS tersebut. Tercatat, hingga 31 Juli 2017, jumlah pelamar CPNS di dua instansi pemerintahan itu mencapai lebih dari 1,4 juta pelamar.

"Ya wajar, karena jumlah pemar yang daftar itu membeludak. Kita tunggu saja, tanggal 5 itu masih sampai 23.59 WIB," tegas dia.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.