Sukses

Lolos Seleksi Administrasi CPNS 2017, Ini Tes Selanjutnya

Sampai saat ini total jumlah pendaftar CPNS di Kemenkumham dan MA mencapai 1.146.853 pelamar.

Liputan6.com, Jakarta - Badan Kepegawaian Nasional (BKN) mengumumkan nama-nama yang lolos seleksi administrasi calon pegawai negeri sipil (CPNS) Kementerian Hukum dan HAM serta Mahkamah Agung pada Selasa ini. Masih ada proses selanjutnya yang harus dilalui oleh CPNS untuk bisa menjadi PNS. 

Kepala Biro Humas Badan Kepegawaian Negara (BKN) Mohammad Ridwan mengatakan, sampai saat ini total jumlah pendaftar CPNS di dua instansi pemerintahan tersebut mencapai 1.146.853 pelamar.

"Dari jumlah itu nanti yang memenuhi persyaratan administrasi saja yang akan lulus, tidak ada kuotanya berapa," tegas dia saat berbincang dengan Liputan6.com, Selasa (5/9/2017).

Mekanisme pengumumannya, dikatakan Ridwan, sama seperti pengumuman Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), yaitu dengan cara login, lolos atau tidaknya, maka akan ada notifikasi yang muncul. Jika lolos, peserta diminta untuk mencetak nomor ujian untuk mengikuti tahap seleksi selanjutnya.

Nomor ujian tersebut, nantinya digunakan untuk mengikuti Seleksi Kompetensi Dasar (SKD). SKD ini akan dilakukan di masing-masing regional dan dilakukan dengan mekanisme CAT.

"Di seleksi ini, nanti baru disaring, maksimal tiga kali jumlah jabatan yang dibuka. Misalkan untuk hakim itu kan ada 1.600, jadi yang akan lolos hanya 4.800 pelamar," tegas Ridwan.

Sebanyak 4.800 pelamar yang lolos SKD ini nantinya akan mengikuti seleksi selanjutnya, yaitu Seleksi Kompetensi Bidang yang juga menggunakan sistem CAT.

"Kalau lolos, baru masuk yang terakhir, yaitu seleksi kompetensi bidang melalui wawancara," tutup dia.

Dari jadwal yang sudah ditentukan sejak awal, seluruh seleksi CPNS di Kementerian Hukum dan HAM dan Mahkamah Agung ini akan selesai pada 16 November 2017.

Tonton Video Menarik Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Situs

Pengumuman hasil seleksi administrasi calon pegawai negeri sipil (CPNS) di lingkungan Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) serta Mahkamah Agung (MA) diumumkan hari ini. Untuk melihat hasil pengumuman CPNS Kemenkumham 2017, pendaftar bisa mengaksesnya di beberapa portal milik pemerintah.

Kepala Biro Hubungan Masyarakat (Humas) BKN, Mohammad Ridwan, mengungkapkan, ada tiga situs yang bisa dipakai untuk melihat pengumuman CPNS ini. Rencananya, pengumuman bisa diakses hingga tengah malam. "Jadi memang rencananya hari ini diumumkan, kalau tidak ada halangan tunggu saja hingga pukul 23.59 WIB," jelasnya.

Empat situs yang bisa diakses untuk melihat pengumuman CPNS 2017 itu adalah:

www.bkn.go.idhttps://cpns.kemenkumham.go.idhttps://www.mahkamahagung.go.idhttps://sscn.bkn.go.id.

Lebih lanjut, untuk menjamin kenyamanan dalam mengakses pengumuman CPNS Kemenkumham 2017 hasil seleksi CPNS 2017 Kemenkumham dan MA, para pelamar diimbau untuk memanfaatkan situs sscn.bkn.go.id yang didesain andal dalam menanggulangi lonjakan pengunjung.

Dalam kicauan di akun Twitter resminya, pihak BKN mengatakan bahwa situs ini bisa digunakan untuk memudahkan pelamar melihat pengumuman CPNS Kemenkumham 2017.

"Situs http://www.bkn.go.id memang didesain hemat bandwidth agar https://sscn.bkn.go.id dapat terus berfungsi normal."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.