Sukses

Lulus Seleksi Administrasi, Ini Jadwal Seleksi CPNS Selanjutnya

Total pendaftar CPNS untuk Kemenkumham serta Mahkamah Agung mencapai lebih dari 1,4 juta.

Liputan6.com, Jakarta - Pengumuman seleksi administrasi pendaftaran CPNS yang sudah dilakukan pada 1-31 Juli 2017 untuk Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) serta Mahkamah Agung (MA) dijadwalkan pada Selasa (5/9/2017). Adapun total pendaftar CPNS di dua instansi tersebut lebih dari 1,4 juta pelamar.

Dikutip dari data Badan Kepegawaian Nasional (BKN), setidaknya ada empat tahap yang harus dilalui para pelamar sebelum dinyatakan lulus seleksi CPNS dan masuk dalam tahap pemberkasan.

Pertama, proses seleksi administrasi yang dijadwalkan akan diumumkan hari ini. Kedua, kemudian para pelamar akan melakukan test Seleksi Kompetensi Dasar (SKD). SKD ini dijadwalkan akan dilakukan pada 11-16 September 2017.

Pengumuman SKD ini dijadwalkan pada 20 September 2017. SKD dilakukan dengan menggunakan sistem CAT.

"Seleksi SKD ini yang akan disaring hanya tiga kali dari total jabatan yang dibuka, misalnya untuk hakim itu 1.600, berarti maksimal yang akan lolos itu 4.800 pelamar teratas," tegas Kepala Biro Humas Badan Kepegawaian Nasional (BKN), Mohammad Ridwan kepada Liputan6.com, Selasa (5/9/2017).

Tahapan ketiga, yang harus dilalui adalah Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) yang juga menggunakan sistem CAT. SKB ini dijadwalkan akan dilakukan pada 9-10 Oktober 2017.

Tahap keempat, para pelamar kembali mengikuti tes kompetensi bidang. Hanya saja kali ini test dilakukan dengan cara tatap muka atau wawancara langsung. Tahapan ini dijadwalkan pada 16-19 Oktober 2017.

Baru setelah keempat tahapan itu dilalui, bagi pelamar yang lolos akan mendapatkan hasilnya pada 9 November 2017. Pemberkasan bagi para peserta yang lulus seleksi CPNS dua instansi akan dilakukan pada 13-16 November 2017. (Yas)

Saksikan Video Menarik di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pengumuman CPNS Kemenkumham, Kunjungi 4 Situs Ini

Sebelumnya pengumuman hasil seleksi administrasi calon pegawai negeri sipil (CPNS) di lingkungan Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) serta Mahkamah Agung (MA) diumumkan hari ini. Untuk melihat hasil pengumuman CPNS Kemenkumham 2017, pendaftar bisa mengaksesnya di beberapa portal milik pemerintah.

Kepala Biro Hubungan Masyarakat (Humas) BKN, Mohammad Ridwan, mengungkapkan, ada tiga situs yang bisa dipakai untuk melihat pengumuman CPNS ini. Rencananya, pengumuman bisa diakses hingga tengah malam.

"Jadi memang rencananya hari ini diumumkan, kalau tidak ada halangan tunggu saja hingga pukul 23.59 WIB," ujar dia.

Empat situs yang bisa diakses untuk melihat pengumuman CPNS 2017 itu adalah:

www.bkn.go.idhttps://cpns.kemenkumham.go.idhttps://www.mahkamahagung.go.idhttps://sscn.bkn.go.id

Lebih lanjut, untuk menjamin kenyamanan dalam mengakses pengumuman CPNS Kemenkumham 2017 hasil seleksi CPNS 2017 untuk Kemenkumham dan MA, para pelamar diimbau untuk memanfaatkan situs sscn.bkn.go.id yang didesain andal dalam menanggulangi lonjakan pengunjung.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.