Sukses

Pengumuman CPNS Kemenkumham 2017 Ditunda?

BKN terus siap siaga untuk menyelesaikan proses pengumuman CPNS Kemenkumham 2017.

Liputan6.com, Jakarta Badan Kepegawaian Nasional (BKN) sampai Selasa sore ini belum juga mengumumkan hasil seleksi administrasi CPNS di dua instansi pemerintahan, yaitu Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) serta Mahkamah Agung.

Kepala Biro Humas Badan Kepegawaian Nasional (BKN), Mohammad Ridwan, menjelaskan proses pengumuman CPNS Kemenkumham 2017 sendiri tahapannya adalah pihak kementerian Kumham dan MA terlebih dahulu menyerahkan data pelamar yang dinyatakan lulus ke BKN.

"Baru data itu akan kita upload di situs yang sudah kita sediakan. Nah sampai sore ini saya cek, data dari mereka (Kemenkumham dan MA) belum juga masuk," kata Ridwan kepada Liputan6.com, Selasa (5/9/2017).

Namun begitu, seluruh pegawai BKN masih terus siaga untuk menyelesaikan proses pengumuman administrasi CPNS tersebut. Tercatat, hingga 31 Juli 2017, jumlah pelamar CPNS di dua instansi pemerintahan itu mencapai lebih dari 1,4 juta pelamar.

"Ya wajar, karena jumlah pemar yang daftar itu membeludak. Kita tunggu saja, tanggal 5 itu masih sampai 23.59 WIB," tegas dia.

Seperti diketahui sebelumnya, Ridwan mengungkapkan sampai saat ini, situs resmi BKN, yaitu www.bkn.go.id, yang juga digunakan untuk menyampaikan informasi terkait CPNS, tidak bisa diakses.

"Dari tadi dini hari, pukul 00.01 WIB itu yang buka website kita sudah banyak, makanya sekarang itu tumbang, tidak bisa diakses," kata Ridwan.

Ia menuturkan, laman resmi BKN memang di desain memilliki kapasitas akses yang kecil. Oleh karena itu, tak bisa diaksesnya laman itu adalah hal yang wajar.

Pihak BKN tidak akan menambah kapasitas akses website resmi BKN. Para peserta yang sudah mendaftar CPNS bisa mengunjungi website lain yang sudah disiapkan pihak BKN, Kemenkumham, dan Mahkamah Agung.

"Sekarang website cpns.kemenkumham.go.id itu juga hampir tumbang, kadang bisa diakses, kadang tidak bisa, biarkan saja, biarkan itu jadi alternatif," tegasnya.

BKN menyarankan kepada para pendaftar untuk mengakses sscn.bkn.go.id. Situs yang disiapkan BKN ini memiliki kapasitas yang lebih besar di antara semuanya, yaitu mampu menerima 500 ribu akses per detiknya.

"Untuk membantu mengumumkannya, kita juga akan lakukan via Facebook dan Twitter resmi BKN," tutur dia. 

Saksikan Video Menarik di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kunjungi 4 Situs

Sebelumnya, pengumuman hasil seleksi administrasi CPNS di lingkungan Kemenkumham serta Mahkamah Agung (MA) diumumkan hari ini. Untuk melihat hasil pengumuman CPNS Kemenkumham 2017, pendaftar bisa mengaksesnya di beberapa portal milik pemerintah.

Kepala Biro Hubungan Masyarakat (Humas) BKN, Mohammad Ridwan, mengungkapkan, ada tiga situs yang bisa dipakai untuk melihat pengumuman CPNS ini. Rencananya, pengumuman bisa diakses hingga tengah malam.

"Jadi memang rencananya hari ini diumumkan, kalau tidak ada halangan tunggu saja hingga pukul 23.59 WIB," ujar dia.

Empat situs yang bisa diakses untuk melihat pengumuman CPNS 2017 itu adalah:

www.bkn.go.idhttps://cpns.kemenkumham.go.idhttps://www.mahkamahagung.go.idhttps://sscn.bkn.go.id

Lebih lanjut, untuk menjamin kenyamanan dalam mengakses pengumuman CPNS Kemenkumham 2017 hasil seleksi CPNS 2017 untuk Kemenkumham dan MA, para pelamar diimbau untuk memanfaatkan situs sscn.bkn.go.id yang didesain andal dalam menanggulangi lonjakan pengunjung.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.