Sukses

Ini Alasan Pemerintah Kembali Buka Lowongan CPNS

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah kembali membuka pendaftaran CPNS gelombang 2 untuk 61 instansi pemerintahan, baik di pusat dan daerah. Meski begitu, pemerintah masih menerapkan moratorium PNS.

Lalu mengapa saat moratorium masih berlaku, tetapi pemerintah kembali membuka pendaftaran CPNS. Bahkan untuk gelombang 2 ini, jumlah posisi yang ditawarkan sebanyak 17.928.

Kepala Biro Humas Badan Kepegawaian Negara (BKN) Mohammad Ridwan menjelaskan, yang dimaksud moratorium PNS tersebut adalah untuk jabatan-jabatan umum, seperti jabatan administrasi.

"Moratorium itu tetap ada untuk formasi umum. Postur PNS kita itu sampai sekarang sekitar 4,5 juta orang, 64 persennya itu tenaga administrasi, yang begini yang akan dikurangi Pak Menteri PAN-RB," kata Ridwan saat berbincang dengan Liputan6.com, Rabu (6/9/2017).

Adapun cara yang ditempuh pemerintah untuk mengurangi jumlah tenaga administrasi tersebut dengan cara membiarkan para pegawai administrasi tersebut pensiun dengan sendirinya. Dengan demikian, dipastikan Ridwan tidak ada pemberhentian secara sepihak oleh pemerintah.

Bahkan untuk saat ini, dikatakan Ridwan pihaknya sudah menerapkan sistem minus growth untuk beberapa instansi pemerintahan. "Jadi ada beberapa instansi yang yang pensiun misalnya 10 orang, kita cuma kasih 8 orang untuk dibuka pendaftarannya," dia menjelaskan.

Ridwan menegaskan, pendaftaran CPNS gelombang 1 dan gelombang 2 yang sudah dibuka pendaftarannya dipastikan hanya untuk pegawai yang memiliki kemampauan teknis dan memiliki kualitas tertentu. "Jadi harapannya nanti jumlah PNS Indonesia itu bisa efisien," dia menandaskan.

61 Instansi Cari 17.928 CPNS

Pemerintah kembali membuka penerimaan CPNS untuk gelombang II di tahun ini. Setidaknya ada 61 instansi pemerintahan yang membuka penerimaan CPNS.

Kepala Biro Hukum, Komunikasi dan Informasi Publik Kementerian PAN-RB, Herman Suryatman mengungkapkan informasi resmi mengenai penerimaan CPNS gelombang II dapat diakses ke sscn.bkn.go.id.

"Pendaftarannya secara online baru akan dibuka pada 11-25 September 2017. Pengumuman seleksi administrasinya rencana 3 Oktober 2017," kata dia, Rabu (6/9/2017).

Sebelumnya, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Asman Abnur mengatakan, kebijakan penerimaan CPNS Tahun 2017 ini dilakukan untuk memenuhi kebutuhan pegawai pada jabatan-jabatan strategis (core business) yang mendukung Nawacita sebagai pengganti PNS yang pensiun, serta karena adanya peningkatan beban kerja pada Kementerian/Lembaga dimaksud.

Dari 61 instansi pemerintahan yang membuka pendaftaran, salah satunya adalah untuk pemerintah provinsi, yaitu Kalimantan Utara.

Khusus untuk Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara, ujar Menteri, pertimbangannya karena daerah itu merupakan provinsi pemekaran yang masih sangat kekurangan pegawai.

“Formasi untuk Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara sebanyak 500, sedangkan jumlah lowongan/formasi CPNS untuk Kementerian/Lembaga, sebanyak 17.428,” ujarnya di Jakarta.

Dijelaskan, formasi untuk Kementerian/Lembaga, termasuk untuk putra/putri lulusan terbaik (cumlaude/dengan pujian) sebanyak 1.850, penyandang disabilitas sebanyak 166, serta putra/putri Papua dan Papua Barat sebanyak 196.

Saksikan Video Menarik di Bawah Ini:

 

Artikel Selanjutnya
Lowongan Dibuka, Tagar CPNS Dominasi Trending Topic Indonesia
Artikel Selanjutnya
Pemerintah Buka Lowongan CPNS untuk Kalimantan Utara