Sukses

Wakil Gubernur The Fed Stanley Fischer Mengundurkan Diri

Pengunduran diri Wakil Gubernur The Federal Reserve Stanley Fischer efektif pada 13 Oktober 2017.

Liputan6.com, Washington - Wakil Pimpinan Bank Sentral Amerika Serikat (AS) atau the Federal Reserve (The Fed) Stanley Fischer akan mengundurkan diri pada pertengahan Oktober 2017. Ini berpotensi mempercepat kesempatan Presiden AS Donald Trump untuk membentuk kembali arah bank sentral.

Dalam sebuah surat kepada Trump, Stanley Fishcer (73) mengatakan dirinya mengundurkan diri karena alasan pribadi. Pengunduran dirinya efektif pada 13 Oktober. Waktu tersebut delapan bulan sebelum masa jabatannya sebagai wakil ketua berakhir pada Juni.

Fischer juga menuturkan pertumbuhan lapangan kerja sudah pulih. Saat ini dia sudah mengambil langkah-langkah untuk membuat sistem keuangan lebih kuat dan tahan lama. Langkah tersebut kemungkinan dilemahkan oleh pemerintahan Trump.

Dengan pengunduran diri Fischer akan meninggalkan Dewan Gubernur The Federal Reserve tujuh orang dengan hanya tiga anggota. Adapun Gedung Putih mengatakan tidak ada komentar segera mengenai kepergian Fishcer dan siapa yang akan menggantinya.

Pengunduran diri Fischer juga menimbulkan spekulasi bagi Trump untuk memutuskan seberapa dalam Trump merombak kebijakan moneter AS. Seperti diketahui, masa jabatan Gubernur The Federal Reserve Janet Yellen berakhir pada Februari.

Stanley Fischer dinominasikan sebagai Wakil Ketua The Federal Reserve oleh mantan Presiden AS Barack Obama. Fischer diakui sebagai salah seorang terkemuka dan memiliki pengalaman banyak di bidang ekonomi.

Saksikan Video Menarik di Bawah Ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.