Sukses

Simak Jadwal Verifikasi Berkas dan Tes SKD buat CPNS Kemenkumham

Liputan6.com, Jakarta - Kabar gembira bagi para peserta yang dinyatakan lulus seleksi administrasi calon pegawai negeri sipil (CPNS) di Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) formasi 2017. Untuk mempermudah, peserta yang lulus tidak perlu mencetak nomor antrean.

Kepala Biro Hubungan Masyarakat Badan Kepegawaian Negara (BKN) Mohammad Ridwan menjelaskan, BKN telah merilis nama-nama yang lulus seleksi serta jadwal verifikasi berkas asli dan pengukuran tinggi badan untuk lulusan SMA dan D3. Selain itu, BKN juga telah mengeluarkan jadwal Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) bagi lulusan S1 atau sarjana.

Semuanya bisa dilihat di alamat registrasi.kemenkumham.go.id. Untuk memudahkan, peserta seleksi tak perlu mencetak kartu pendaftaran. Pada hari yang telah ditetapkan oleh BKN dan Kemenkumham, peserta bisa langsung datang ke lokasi.

"Tak perlu dicetak seperti kartu pendaftaran gitu. Lihat info nama dan kapan seleksi dan langsung datang ke lokasi tempat SKD. Datang 90 menit sebelum tes, nama dia pasti sudah terbaca di sistem CAT," jelas Ridwan kepada Liputan6.com, Sabtu (9/9/2017).

Untuk diketahui, Kemenkumham telah mengumumkan jumlah peserta yang dinyatakan lulus dan tidak lulus pada tahap seleksi administrasi dari kualifikasi pendidikan dokter spesialis, dokter, sarjana, diploma III, dan SLTA untuk lowongan calon pegawai negeri sipil (CPNS) di Kemenkumham.

Kepala Biro Humas Kemenkumham Lilik Bambang Lestari mengatakan, pada Selasa, 5 September 2017 pukul 00.00 WIB, terdata dengan total 453.461 pendaftar kualifikasi pendidikan S1, dokter, dan dokter spesialis.

Pendaftar untuk lowongan tersebut, yang memenuhi syarat 220.455 orang, sedangkan jumlah pendaftar yang tidak memenuhi syarat 139.480 orang.

Sementara, total pendaftar tes CPNS Kemenkumham dari diploma III berjumlah 20.718 orang. Dari jumlah tersebut, pendaftar yang memenuhi syarat kualifikasi 746 orang dan pendaftar yang tidak memenuhi syarat 2.650 orang. "Terdata pula pendaftar yang tidak mengirim atau belum meng-upload berkas berjumlah 17.322 orang," katanya.

Kepala Biro Humas Kemenkumham juga menyebutkan total pendaftar kualifikasi pendidikan SLTA. Terdata total 641.959 orang mendaftar. Namun, pendaftar yang memenuhi syarat 390.110 orang, sedangkan pendaftar yang tidak memenuhi syarat 81.743 orang. "Untuk pendaftar yang tidak mengirim atau belum meng-upload berkas berjumlah 170.106 orang," ujarnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

https://www.vidio.com/watch/842179-formasi-cpns-2017

 

1 dari 2 halaman

Tak lolos seleksi

Beberapa pelamar harus siap menghadapi kenyataan pahit tidak diterima dalam seleksi penerimaan CPNS 2017. Namun, tak usah khawatir, ada beberapa jurus jitu agar tak larut bersedih karena gagal masuk pengumuman CPNS Kemenkumham 2017.

Berikut beberapa hal yang bisa Anda lakukan:

1. Cari sisi positif

Selalu ada hikmah di balik kejadian yang dalam hidup. Kegagalan yang Anda alami tidak sepenuhnya buruk. Justru ada sisi positif yang bisa diambil.

Contohnya, berkas-berkas sudah Anda persiapkan bisa menjadi modal untuk mendaftar di lowongan lain yang Anda inginkan. Anda juga punya waktu lebih banyak untuk mempersiapkan diri apabila kesempatan baru tiba.

2. Evaluasi

Coba evaluasi dan pelajari kekurangan yang Anda lakukan saat mendaftar CPNS 2017. Waktu yang terlampau singkat, persiapan yang tidak matang, hingga berkas yang tidak lengkap bisa menjadi alasan Anda tidak diterima ke tahap selanjutnya.

Percayalah, jika Anda mau bersabar dan mempelajari kesalahan, karier yang tepat akan datang pada waktunya.

3. Sibukkan diri dengan kegiatan

Depresi yang timbul ketika Anda gagal diterima seleksi bisa karena terlalu sering memikirkan kegagalan. Solusi terbaiknya adalah dengan banyak menyibukkan diri, sehingga rasa kecewa dan sedih menjadi tak terpikirkan lagi.

Anda bisa datang ke acara-acara favorit. Mengisi waktu dengan hobi dan berkumpul bersama sahabat juga bisa jadi cara yang tepat.

Saksikan Inspirato Bersama 3 Tokoh Inspiratif Indonesia

Tutup Video
Artikel Selanjutnya
220 Ribu Sarjana Lolos Seleksi Administrasi CPNS Kemenkumham
Artikel Selanjutnya
Ini Hasil Seleksi Administrasi CPNS Kemenkumham