Sukses

Menhub Janji Hidupkan Rute Penerbangan Kupang-Darwin

Rute penerbangan Kupang (Nusa Tenggara Timur) ke Dili (Timor Leste) dan Darwin (Australia Utara) sempat ramai pada era 1990-an.

Liputan6.com, Jakarta Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi melakukan lawatan ke beberapa wilayah di Nusa Tenggara Timur (NTT) dan Nusa Tenggara Barat (NTB) di akhir pekan ini.

Salah satu kota yang disinggahi adalah Kupang. Di kota ini, Menhub Budi Karya berjanji akan menghidupkan kembali rute penerbangan Kupang-Darwin (Australia). Ini demi mengoptimalkan dan memperlancar ekspor ikan di wilayah tersebut.

"Kita akan memastikan terlebih dahulu, akan segera dilakukan survei mulai dari logistiknya dan juga penumpangnya," jelas Menhub di Kupang, Minggu (10/9/2017).

Selain itu, Menhub juga meminta kepada Gubernur NTT untuk segera mengumpulkan para nelayan dan pedagang-pedagang di Kupang. Ini untuk mengetahui potensi yang dimiliki daerah ini.

"Tahap pertama kita akan buat pengiriman ikan dan barang-barang tujuannya ke Jakarta dulu dan Surabaya. Dengan demikian movement barang-barang terutama angkutan balik tol laut itu terisi, karena selama ini isinya penumpang. Nanti kalau ikan besar-besar kita kirim ke luar negeri," tambah dia.

Gubernur Provinsi NTT, Frans Lebu Raya pada kesempatan yang sama menyampaikan apresiasi kepada Menhub Budi Karya Sumadi yang berupaya untuk mengembangkan dan mengoptimalkan perekonomian dan konektivitas di NTT.


Selanjutnya, Gubernur Frans juga meminta dan mendukung agar rute penerbangan Kupang (Nusa Tenggara Timur) ke Dili (Timor Leste) dan Darwin (Australia Utara) yang sempat ramai pada era 1990-an agar dapat segera dibuka kembali.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.