Sukses

10 Anak Muda dengan Harta Triliunan Rupiah

Liputan6.com, Jakarta - Usia muda bukanlah halangan untuk meraih kesuksesan. Di era teknologi internet yang demikian digdaya ini, menggapai kesuksesan finansial agaknya semakin mudah saja. Buktinya, kian banyak nama-nama yang  masih muda belia nangkring di daftar orang terkaya di dunia, belakangan ini.

Yang menarik, kebanyakan dari mereka adalah para pengusaha muda yang menggeluti industri teknologi informasi. Mengutip Forbes.com, terdapat 56 anak muda berusia di bawah 40 tahun yang berhasil dalam daftar orang terkaya versi Forbes terbaru tahun 2017.

Sebanyak 30 orang di antaranya adalah anak muda kaya raya dari hasil kerja kerasnya sendiri, kekayaannya bukan berasal dari warisan orangtua.

Tercatat ada 23 orang dalam daftar orang terkaya usia muda tersebut mencetak kekayaan di industri teknologi informasi, lalu 7 orang berlatar belakang industri kesehatan dan sisanya dari industri beraneka ragam.

Usia muda dengan nilai kekayaan luar biasa seakan menjadi bukti, tidak ada yang tidak mungkin diraih selama ada kerja keras, inovasi, dan keberuntungan yang banyak. Penasaran apa yang membuat anak-anak muda ini berhasil menjadi orang terkaya di usia muda belia? Mari melihat daftarnya yang dikumpulkan HaloMoney.co.id berikut ini:

1. Mark Zuckerberg, 33 tahun, Facebook



Pendiri Facebook yang baru saja dikaruniai anak kedua ini, tak tergoyahkan namanya dalam daftar anak muda terkaya di dunia. Usia Zuckerberg baru menginjak 33 tahun, pada tahun 2017 ini. Namun, nilai kekayaan dia sudah luar biasa melimpah berkat kejeniusan Zuckerberg melahirkan Facebook.

Forbes.com mencatat, nilai kekayaan Zuckerberg pada tahun 2017 menembus angka US$ 55,5 miliar atau sekitar Rp 750 triliun. Zuckerberg yang terkenal berkepribadian sederhana, pertama kali mencatatkan nama dalam jajaran anak muda terkaya di dunia di usia sangat belia yaitu 23 tahun!

Yang juga mengagumkan, kekayaan melimpah ruah itu bukanlah warisan orangtua melainkan hasil kerja keras Zuckerberg membesarkan Facebook, media sosial paling populer yang digunakan miliaran manusia di seluruh dunia.

2. Dustin Moskovitz, 33 tahun, Facebook

Facebook terbukti telah menjadi ladang uang yang sangat subur bagi para perintisnya. Selain Zuckerberg, nama Dustin Moskovitz juga muncul dalam jajaran anak muda paling tajir sedunia tahun 2017. Moskovitz adalah rekan Zuckerberg ketika melahirkan Facebook.

Nilai kekayaan Moskovitz ditaksir mencapai US$ 13,5 miliar yang sebagian besar berasal dari nilai sahamnya di Facebook sebesar 2,34 persen walau telah meninggalkan Facebook tahun 2008 silam. Moskovitz juga tercatat sebagai angel investor terbesar di Path, media sosial ternama.

 Simak video pilihan di bawah ini:

1 dari 5 halaman

3. Lukas Walton, 30 tahun, Walmart

Nama Lukas Walton tercatat sebagai satu-satunya pendatang baru dalam daftar orang terkaya di dunia berusia di bawah 40 tahun. Siapakah Lukas Walton? Dialah pewaris jarinngan ritel terkemuka di Amerika Serikat, Walmart. Pada  tahun 2005, ayah Lukas yaitu John Walton meninggal dunia. Kekayaan besar ayahnya diwariskan pada Lukas termasuk saham di Walmart dan First Solar.

Forbes mencatat, nilai kekayaan yang dimiliki oleh Lukas Walton mencapai US$ 11,2 miliar atau sekitar Rp 150-an triliun. Lukas Walton menyelesaikan pendidikan di Colorado College dan telah diwisuda tahun 2010 silam. Tercatat sebagai pewaris Walmart, Lukas justru tidak tercatat sebagai pengurus aktif perusahaan milik orangtuanya. Saat ini, dia dikenal sebagai investor yang aktif dan seorang filantropis.

 
4. Scott Duncan, 33 tahun, Enterprise Product


 
Scott Duncan adalah anak triliuner asal Amerika Serikat, Dan Duncan yang menguasai Enterprise Product, sebuah perusahaan gas alam ternama.

Ketika ayahnya meninggal dunia pada tahun 2010, Scott Duncan mewarisi US$ 3,1 miliar kekayaan orangtuanya. Catatan Forbes, saat ini kekayaan Scott Duncan sekitar US$ 6,3 miliar. Scott Duncan termasuk low profile dan jauh dari sorotan media.

Baca juga: Gesek Kartu Kredit dan Debit di Kasir dan Biaya Tambahan 3%, Bolehkah?

2 dari 5 halaman

5. Andres Santo Domingo, 38 tahun, SABMiller

Andres Santo Domingo masuk dalam daftar anak muda terkaya di dunia di bawah umur 40 tahun sejak ayahnya memberikan warisan saham perusahaan bir raksasa SABMiller.

Perusaahaan bir ini menjadi induk dari beberapa merek ternama seperti Miller Lite, Milwaukee Best dan Leinenkugel. Nilai kekayaan Andres ditaksir sekitar US$ 4,8 miliar dan terus bertambah dari tahun ke tahun.

6. Alejandro Santo Domingo, 39 tahun, SABMiller

Alejandro adalah kakak kandung Andres Santo Domingo, sama-sama mewarisi kekayaan dari ayahnya, pemilik perusahaan bir terkenal dalam payung Santo Domingo Group. Nilai kekayaan Alejandro mencapai US$ 4,8 miliar dan membuatnya masuk dalam daftar anak muda terkaya di dunia di bawah usia 40 tahun.

Saat ini Alejandro menjabat sebagai chairman dari Grup Empresarial Bavaria S.A. yang berada di bawah kelompok SABMiller, perusahaan bir milik Santo Domingo Group.

3 dari 5 halaman

7. Nathan Blecharczyk, 33 tahun, AirBnB

Nathan adalah pendiri AirBnB, startup marketplace untuk akomodasi para pelancong yang fenomenal. Saat ini, Nathan tercatat sebagai Chief Strategy Officer di AirBnB.

Di usianya yang masih belia, Nathan telah berhasil membangun kekayaan US$ 3,3 miliar dan membuatnya tercatat dalam World’s Billionaire List 2017.

8. Robert J. Pera, 38 tahun, Ubiquiti Networks



Pria kelahiran tahun 1978 ini mendirikan Ubiquiti Networks Inc, sebuah perusahaan teknologi komunikasi global sejak tahun 2011. Ubiquiti merupakan perusahaan yang bergerak di segmen peralatan wireless.

Kesuksesan Pera dengan perusahaan ini mengantarkannya masuk dalam jajaran anak muda paling kaya di seluruh dunia dengan nilai kekayaan US$ 3,2 miliar.

4 dari 5 halaman

9. Sean Parker, 37 tahun, Venture Capital

Sean Parker adalah nama yang cukup ternama di kalangan para techies, pegiat industri teknologi dunia. Parker tercatat sebagai pendiri Napster dan menjadi presiden pertama di awal mula perjalanan Facebook ketika usianya baru 26 tahun.

Kini Parker masih aktif dikenal sebagai pemodal ventura yang melahirkan banyak startup potensial. Di usianya yang masih belia, pria kelahiran tahun 1979 ini, namanya nangkring di daftar anak muda paling tajir sedunia dengan nilai kekayaan US$ 2,4 miliar.

10. Evan Spiegel, 26 tahun, Snapchat

Usianya masih sangat muda, baru 26 tahun. Namun, Evan Spiegel sudah berhasil membangun kekayaan hingga triliunan rupiah. Kekayaan pendiri Snapchat ini ditaksir mencapai US$ 2,1 miliar atau hampir Rp 30 triliun! Evan menikahi model terkenal Amerika Serikat, Miranda Kerr, tahun 2015 lalu.

Itulah 10 nama anak muda dengan harta triliunan rupiah di usia yang terbilang belia. Semoga membawa inpsirasi bagi kamu!

Artikel Selanjutnya
Tabungan Emas Pegadaian Laris Manis
Artikel Selanjutnya
Banyak Harta, Kenapa Miliarder Malah Pilih Hidup Sederhana?