Sukses

5 Tips Jitu Mengelola Stres di Kantor, Anda Wajib Coba

Liputan6.com, Jakarta - Apa Anda pernah mengalami stres? Stres umumnya pernah dirasakan oleh semua orang. Stres sendiri dapat membuat orang cenderung jengkel, frustasi, dan mengalami perubahaan mood.

Apa sebenarnya penyebab stres? Stres dapat berasal dari tekanan pekerjaan di mana jam kerja lebih panjang dan memotong waktu istirahat ditambah masalah kehidupan pribadi.

Bagi sebagian orang, stres mungkin adalah hal biasa dan banyak yang menyepelekannya. Namun, sebenarnya penting untuk mengelola stres dengan cara yang lebih sehat.

Melansir laman successstory.com, Jumat (15/9/2017), berikut beberapa cara untuk mengelola stres di tempat kerja dengan cara yang positif dan sehat:

 1. Ambil Napas yang Dalam

Ambil Napas yang Dalam

Salah satu cara terbaik untuk mengatasi stres atau kecemasan ialah dengan menarik napas dalam-dalam. Saat rapat membuat tegang atau tekanan kerja membuat Anda merasa terbebani, cobalah untuk tarik napas dalam-dalam.

Dengan menarik napas yang dalam, dapat menenangkan dan membersihkan pikiran, serta membantu Anda memusatkan perhatian pada tugas yang ada.

2. Rencanakan Harimu

Rencanakan Harimu

Sering kali, alasan utama stres ialah akibat tidak merencanakan hari. Bila Anda tidak merencanakan hari dan tugas sebelumnya, Anda cenderung merasa terbebani dengan pekerjaan dan merasa kacau untuk menyelesaikan semuanya.

Oleh karena itu, sebaiknya rencanakan harimu sebelumnya. Dengan begitu akan menjadi rencana yang lebih baik dan membantu dalam pelaksanaan dan penyelesaian tugas yang efisien.

Simak video pilihan di bawah ini:

1 dari 3 halaman

Olahraga

3. Olahraga

Olahraga

Meski benar bahwa tekanan kerja tidak akan memberi waktu untuk merawat diri dan kesehatan, namun sangat penting untuk Anda tetap berolahraga minimal 30 menit setiap hari.

Anda dapat pergi ke gym, bergabung dengan kelas yoga, atau berlari di pagi hari. Selain berolahraga, penting juga bagi Anda untuk mengonsumsi makanan sehat dan tidur nyenyak di malam hari.

 

4. Memprioritaskan

Memprioritaskan

Mungkin setiap harinya Anda memiliki 10 tugas yang harus diselesaikan dan itu membuat Anda stres. Namun, penting untuk dipahami bahwa setiap tugas tidak sama pentingnya. Belajarlah memprioritaskan tugas dari sekarang.

Dengan memprioritaskan tugas, Anda dapat merencanakan pekerjaan menjadi lebih baik dan mengetahui tugas mana yang harus diselesaikan terlebih dahulu dan yang bisa dilakukan nanti.

 

2 dari 3 halaman

5. Jangan Bereaksi

Biasanya, Anda akan merasa stres saat merasa terbebani dan saat berada dalam situasi yang tak terkendali. Bereaksi terhadapi situasi tersebut akan mengaktifkan hormon stres serta akan menurunkan kepercayaan diri, konsentrasi, dan kesehatan Anda.

Jika Anda merasakan tak berdaya dan bereaksi terhadap situasi, coba dan identifikasi aspek dari situasi tersebut yang di bawah kendali Anda dan yang bukan.

Artikel Selanjutnya
Sedang Menganggur? Lakukan Hal Ini Biar Tetap Produktif
Artikel Selanjutnya
3 Langkah Sederhana Ini Bisa Buat Stres Berkurang Saat Bekerja