Sukses

Berapa Harga Rumah yang Banyak Dicari Orang RI?

Rumah.com telah melakukan survei bertajuk Rumah.com Property Affordability Sentiment Index 2017.

Liputan6.com, Jakarta Rumah.com telah melakukan survei bertajuk Rumah.com Property Affordability Sentiment Index 2017. Hasilnya, mayoritas masyarakat Indonesia ingin membeli rumah di bawah harga Rp 500 juta.

Rumah.com melakukan survei pada 1.020 responden di seluruh Indonesia. Survei tersebut berlangsung dari Januari hingga Juni 2017.

Head of Marketing Rumah.com Ike Noorhayati Hamdan mengatakan, banyaknya masyarakat yang mengincar rumah di bawah Rp 500 juta karena kebanyakan ingin membeli rumah pertama.

"Jadi paling banyak, karena relatif yang mencari rumah adalah pertama kali. Kalau baru pertama kemampuan ekonomi yang baru menanjak," kata dia di Jakarta, Selasa (12/9/2017).

Dia menambahkan, harga rumah juga relatif tinggi. Sehingga, masyarakat menimbang pembelian rumah dengan kondisi ekonominya.

"Karena kalau lihat sudah termasuk mewah di atas 100 m2 karena hitungannya sudah mewah, apalagi pertama kalinya. Kalau upgrade bisa, kecil jadi seiring jumlah keluarga bertambah bisa besar. Kalau pertama kali biasanya rata-rata 72 m2," jelas dia.

Lebih rinci, dalam survei tersebut sebanyak 64 persen responden berniat membeli rumah dengan harga kurang dari Rp 500 juta. Lalu, sebanyak 20 persen ingin membeli rumah dengan harga antara Rp 550 juta hingga Rp 700 juta.

Sebanyak 7 persen responden ingin membeli rumah dengan harga antara Rp 750 juta hingga Rp 1 miliar. 4 persen ingin membeli rumah antara Rp 1 milliar hingga Rp 1,5 miliar.

Responden juga berniat membeli rumah seharga Rp 1,5 miliar sampai Rp 2 miliar. Jumlah persentasenya 3 persen. Adapula yang ingin membeli rumah di atas Rp 2 miliar. Jumlah persentasenya sama yakni 3 persen.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini