Sukses

Meikarta Akan Jadi Pusat Investasi Baru di Timur Jakarta

Lokasi proyek ini dinilai strategis dengan akses transportasi yang mudah dan berjarak hanya 40 km dari Jakarta

Liputan6.com, Jakarta Proyek Meikarta berpotensi menjadi sub-pusat Metropolitan, pusat komersial hingga titik investasi baru di sebelah Timur Jakarta. Ini mengacu pada fasilitas yang ditawarkan di Meikarta.

Mengutip keterangan perseroan, Rabu (13/9/2017), Kota satelit ini mencakup 5.000 perusahaan lokal, internasional serta 6 taman industri modern. Di saat yang bersamaan, kawasan ini juga merupakan daerah industri otomotif Indonesia, dengan produksi tahunan sekitar 1 juta mobil dan 10 juta sepeda motor. 

Fasilitas ini yang kemudian dicermati media seperti Nasdaq dan Dow Jones News yang menyebut, Pemerintah Indonesia sedang membangun kota industri dan pusat ekonomi baru di sebelah Timur Jakarta.

Proyek kota baru tersebut berada di Bekasi, Jawa Barat. Lokasi proyek ini dinilai strategis dengan akses transportasi yang mudah dan berjarak hanya 40 km dari Jakarta, serta berjarak 108 km dari kota terbesar keempat di Indonesia yaitu Bandung.

Keberadaan proyek ini beriringan dengan proyek 6 mega infrastruktur yang sedang dibangun pemerintah. Di dalamnya termasuk Kereta Cepat Jakarta-Bandung, Pelabuhan Patimban, Bandara Internasional Kertajati, Light Train APM, jalan tol Jakarta-Cikampek beserta sistem mono rail yang menghubungkan semua area industrialisasi.

Dengan arah perkembangan saat ini, Kota Satelit Meikarta tidak hanya akan menjadi pusat bisnis yang berada di sebelah timur Jakarta, tetapi juga akan menjadi pusat aktifitas ekonomi Indonesia. Bahkan Meikarta dan area sekitarnya akan menjadi Boomtown yang berkedudukan sangat penting di Indonesia. Hal ini yang menjadikan nilai komersial proyek Meikarta ini mengambil perhatian global.

Meikarta dikatakan pusat komersial di sebelah timur Jakarta yang hadir sebagai gold collar di Asia Tenggara. Serta lahan investasi menjanjikan bagi white collar dengan konsep dan rencana pembangunan terdepan serta fasilitas penunjang yang lengkap.

Meikarta merupakan wadah berkumpulnya fasilitas berkualitas seperti pusat perkantoran, pengobatan, pendidikan dan lainnya. Kemudian meningkatkan layanan masyarakat umum, sebagai pemenuhan kebutuhan masyarakat terhadap pekerjaan dan kehidupan dalam berbagai hal.

Dalam perencanaan, Meikarta mengacu kepada Central Park di New York City  Amerika serta Champs Street Prancis serta perencanaan kota-kota besar dunia yang terkenal lainnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tonjolkan Unsur Khas Budaya Lokal

Meikarta dikatakan berupaya menciptakan kota kelas satu di Indonesia, dengan menonjolkan unsur khas masyarakat dan budaya dari kabupaten Bekasi, Jawa Barat. Ini yang akan menjadikan konstruksi daerah tersebut menjadi kota habitat terkenal di dunia.

Di sini akan tersedia Central Park seluas 100 hektare (ha), termasuk mini zoo, danau, hutan, taman bunga, jogging track serta ruang terbuka hijau besar.

Di sektor transportasi, Proyek Meikarta dengan 4 layer road akan memisahkan jalur pejalan kaki dan jalur mobil yang cepat, teratur dan aman. Serta akan menyelesaikan masalah kerisauan berkepanjangan yang terjadi apabila ingin keluar rumah.

Selain layak dan nyaman untuk dihuni, Meikarta juga akan menciptakan landmark di lokasi sentral berupa hotel, gedung perkantoran serta berbagai jenis gedung besar komersial kompleks, yang akan mengumpulkan masyarakat kota dan menjadikan area pusat kota baru.

Tambahan lain pada bidang komersial, layanan dan teknologi. Meikarta akan menyediakan kesempatan berkarir.

Shopping area Meikarta disebutkan akan melebihi Dubai maupun financial center di Manhattan atau perdagangan logam mulia di London. Meikarta juga akan menjadi pusat pendidikan dan teknologi masa depan.

Soal harga, yang ditawarkan Meikarta hanya sepersekian dari rata-rata harga rumah di Jakarta pada umumnya. Namun kedepannya posisi Meikarta akan lebih tinggi dari Jakarta.

Harga di Meikarta kurang lebih sama dengan di Bogor. Namun lingkungan, fasilitas ataupun perkembangan di masa depannya akan jauh melebihi Bogor.

Dengan mengacu pada pengalaman negara dan wilayah lain, manfaat dari pusat kota baru akan paling signifikan dalam perlusaan kota-kota besar.

Meikarta merupakan potensi yang sangat besar untuk pengembangan pusat kota baru dengan ruang apresiasi investasi yang sangat besar.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini