Sukses

Mau Gaji Besar? Jangan Pilih 7 Jurusan Kuliah Ini

Liputan6.com, Jakarta - Sudah jadi keinginan semua orang untuk bisa mendapat pekerjaan stabil dengan gaji yang tinggi. Maka tak heran apabila banyak orang berbondong-bondong ingin masuk ke kampus ternama dan jurusan unggulan. Jika mampu jadi lulusannya, maka masa depan cerah pun ada di depan mata.

Meski demikian, tidak semua jurusan kuliah bisa menjamin lulusannya mendapat gaji yang besar. Survei yang dilakukan oleh situs keuangan dan bisnis Kiplinger memperlihatkan ada jurusan kuliah yang prospek gaji lulusannya tidak terlalu baik.

Survei tersebut menganalisis 126 jurusan kuliah dan besaran gaji di level pemula dari para lulusannya. Berikut tujuh jurusan kuliah dengan prospek gaji kecil, dilansir dari CNBC, Jumat (15/9/2017):

1. Paralegal

Paralegal didefinisikan sebagai orang yang melakukan pekerjaan yang berkaitan dengan hukum. Namun, ia tidak mempunyai kualifikasi sebagai praktisi hukum. Di masa depan, diprediksi profesi ini akan semakin tidak diminati. Beberapa firma hukum bahkan berencana untuk mengurangi gaji profesi paralegal

2. Seni

Survei ini mengungkap, tidak semua perguruan tinggi dengan jurusan seni bisa mencetak lulusan bergaji tinggi. Untuk itu, bagi Anda yang berminat berkuliah jurusan seni, harus mampu memilih kampus yang benar-benar terakreditasi dengan lulusan yang kompeten.

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Pendidikan olahraga

Meski industri kesehatan selalu membutuhkan seorang terapis fisik, pekerja di bidang ini ternyata tidak banyak diambil dari lulusan pendidikan olahraga. Itulah mengapa gaji dari lulusan ini pun tergolong kecil.

4. Musik

Hanya 12 persen lulusan jurusan musik yang benar-benar berprofesi sebagai musikus. Sebanyak 22,8 persen lulusan musik yang lain juga memilih mengembangkan bakat musiknya dengan bekerja sebagai pemusik lepas.

5. Teologi atau pendidikan agama

Jika memang berminat dengan hal yang berkaitan dengan agama, akan lebih baik apabila Anda mengambil jurusan filosofi saat kuliah. Dibanding jurusan teologi, jurusan filosofi lebih menawarkan gaji yang besar.

 

3 dari 3 halaman

6. Radio dan televisi

Hanya 7.300 mahasiswa yang disurvei mengaku menyelesaikan pendidikannya di jurusan ini. Bidang pekerjaan ini juga diprediksi akan mengalami penurunan sebanyak 10 persen dalam satu dekade ke depan.

7. Antropologi

Bagi mereka yang berkuliah jurusan antropologi, lulusannya harus siap bersaing ketat karena lowongan pekerjaan yang sedikit. Sebagai contoh, di Amerika Serikat ada 12 ribu orang yang lulus dari jurusan ini di tahun 2016, tapi jumlah lowongan pekerjaannya hanya 733 posisi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.