Sukses

Piero Manzoni, Seniman yang Jual Kotorannya Sendiri Rp 3,18 M

Liputan6.com, Jakarta Bagi Piero Manzoni, sebuah karya seni bisa dibuat dari medium apa saja. Termasuk dari bahan-bahan tak terduga, seperti kotoran manusia.

Diberi nama Artist's Shit, seniman asal Italia ini menjual kotorannya sendiri sebagai sebuah benda seni. Harganya pun fantastis. Untuk sebuah satu kaleng, pembeli harus merogoh kocek hingga US$ 242 ribu atau setara Rp 3,18 miliar.

Ide membuat karya seni ini ternyata tercetus pada 1961. Dilansir dari odditycentral, Jumat (15/9/2017), Piero Manzani ketika itu berniat mencemooh dunia seni yang menurutnya dibangun atas dasar konsep nilai yang tak kuat-kuat amat. Alhasil, karya buatannya pun menggegerkan dunia.

Ia mengisi 90 kaleng kecil dengan 30 gram tinjanya sendiri. Baginya, jika seorang pegiat seni ingin mendapatkan karya yang paling dekat dan personal dengan kehidupan sang seniman, maka karya ini adalah jawabannya.

Saat pertama kali keluar, karyanya tersebut memang tidak mendapat respons bagus. Namun dalam beberapa tahun-tahun setelahnya, kaleng tinja milik Piero Manzoni justru banyak dicari kolektor.

Di sebuah lelang di Christie’s, London, Inggris, kaleng ke-51 dan 90 miliknya terjual dengan harga US$ 161.173 atau senilai Rp 2,1 miliar. Paling baru adalah ketika pembeli yang dirahasiakan identitasnya membeli karya seninya dengan harga lebih dari Rp 3 miliar

Sayang, Manzoni tidak sempat melihat bagaimana perkembangan karya seninya tersebut. Ia meninggal dunia pada 1963 di usia 29 tahun.

 

 

Artikel Selanjutnya
Sapi Wagyu Jadi Hewan Kurban, Berapa Harganya?
Artikel Selanjutnya
Biasa Jadi Bahan Baku Steak, Kini Sapi Wagyu untuk Hewan Kurban