Sukses

Ini Alasan Menteri Rini Pilih Budi Gunadi Pimpin Inalum

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno telah mengangkat Budi Gunadi Sadikin sebagai Direktur Utama PT Indonesia Asahan Alumunium (Persero)  atau Inalum. Budi menggantikan posisi Winardi Sunoto.

Penunjukan Budi Gunadi sebagai bos Inalum dinilai Rini sudah paling tepat. Saat ini, Inalum tengah disiapkan menjadi holding BUMN sektor tambang.

"Budi Gunadi Sadikin menjadi Dirut Inalum yang sebentar lagi menjadi perusahaan holding pertambangan. Selain ahli keuangan, justru mumpuni di bidang keuangan," kata Rini di kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), Kamis (14/9/2017).

Menurut Rini, selama di Bank Mandiri, Budi Gunadi sangat memahami berbagai sektor, seperti pertambangan. Dalam memberikan fasilitas pembiayaan, perbankan pastinya memiliki kajian terhadap sektor itu sendiri.

"Pengetahuannya mengenai berbagai sektor termasuk pertambangan, itu tinggi. Sehingga beliau sudah mengerti penuh bagaimana memperbaiki sektor pertambangan, selain juga mengenai keuangannya," ucap Rini.

Seperti diketahui sebelumnya, Kementerian BUMN hari ini resmi menyerahkan Surat Keputusan (SK) mengenai pengangkatan Budi Gunadi Sadikin sebagai Direktur Utama Inalum.

Penyerahan SK dilakukan di Kementerian BUMN, Lantai 7. Dalam acara yang sama, Menteri BUMN Rini Soemarno melalui SK nya juga memberhentikan Winardi sebagai Dirut Inalum.

"Tadi hasil RUPS keputusannya mengangkat Pak Budi Gunadi Sadikin sebagai Dirut Inalum yang baru," kata Winardi di Kementerian BUMN.

Winardi menganggap Budi Gunadi Sadikin merupakan sosok yang tepat untuk menggantikannya sebagai orang nomor 1 di Inalum.

"Pak Budi bagus, saya berteman sejak kuliah. Kalau yang sekaranh Inalum jalan cepat, dengan kepemimpinan Pak Budi, ke depan harus lari cepat," pesan Winardi.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Artikel Selanjutnya
Gantikan Wimboh Santoso, Hartadi Sarwono Jadi Komut Bank Mandiri
Artikel Selanjutnya
Menteri Rini Ungkap Sebab Proyek Infrastruktur Dikuasai BUMN