Sukses

Yuk Daftar, Ada 299 Lowongan CPNS di Lembaga Administrasi Negara

Liputan6.com, Jakarta - Lembaga Administrasi Negara (LAN) membuka lowongan calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2017 gelombang dua secara besar-besaran. Pasalnya, LAN membuka 299 lowongan CPNS 2017 sekaligus.

Melansir laman resmi Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB), Senin (18/9/2017), berikut jabatan, kriteria pelamar, persyaratan umum, persyaratan khusus, persyaratan berkas lamaran, tahapan seleksi, tempat pelaksanaan ujian, jadwal seleksi, dan tata cara pendaftaran lowongan CPNS 2017:

Jabatan:

Tersedia 176 jabatan, di antaranya Analis Keuangan, Analis Data dan Informasi, Pengelola Hubungan Masyarakat, Analis Kepegawaian Ahli Pertama, Analis Diklat, Analis Data dan Informasi, Analis Fasilitasi Peningkatan Kompetensi, Analis Perencanaan Sumber Daya Manusia Aparatur, Analis Kelembagaan, Pengelola Barang Milik Negara, Peneliti Ahli Pertama, Analis Kebijakan Ahli Pertama, Perancang Diklat, Analis Kerjasama, Pranata Komputer Ahli Pertama, Widyaiswara Ahli Pertama, Penyusun Program Penyelenggaraan Diklat, Assessor SDM Aparatur Ahli Pertama, Pengelola Bangunan Gedung, Perencana Ahli Pertama, Dosen Asisten Ahli, Dosen Lektor, Analis Pengembangan Program Akademis, dan Arsiparis Ahli Pertama.

Kriteria Pelamar:

- Lulusan terbaik (cumlaude/dengan pujian)

- Penyandang disabilitas/berkebutuhan khusus dengan kriteria mampu mengoperasikan komputer, menganalisa, menyampaikan pendapat, dan berdiskusi

- Putra/putri Papua dan Papua Barat

- Umum

 Persyaratan Umum:

1. Warga Negara Indonesia (WNI);

2. Berkelakuan baik dan tidak pernah dihukum penjara atau kurungan berdasarkan putusan pengadilan yang sudah mempunyai kekuatan hukum tetap, karena melakukan suatu tindak pidana kejahatan;

3. Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai PNS/TNI/POLRI atau diberhentikan tidak dengan hormat sebagai pegawai swasta/pegawai BUMN/BUMD/Koperasi;

4. Tidak berkedudukan sebagai CPNS/Pegawai Negeri Sipil/Anggota TNI/Anggota POLRI;

5. Tidak berkedudukan sebagai pengurus/anggota partai politik;

6. Sehat jasmani dan rohani.

Persyaratan Khusus:

1. Batas usia pelamar pada tanggal 5 September 2017 minimal 18 tahun dan maksimal 35 tahun;

2. Lulusan Perguruan Tinggi Negeri, Perguruan Tinggi Luar Negeri, Perguruan Tinggi Swasta dengan IPK minimal 3,00 dari skala 4,00;

3. Perguruan Tinggi Negeri/Swasta dengan program studi yang terakreditasi minimal B/Sangat Baik dari BAN-PT pada saat ijazah tersebut dikeluarkan. Jika akreditasi tidak tertulis di dalam ijazah, maka dibuktikan dengan surat keterangan dari Fakultas;

4. Perguruan Tinggi Luar Negeri yang diakui kementerian yang membidangi urusan pendidikan nasional, dibuktikan dengan data akreditasi program studi yang tercantum dalam ijazah atau surat keterangan akreditasi program studi yang bersangkutan dari BAN-PT.

Simak video pilihan di bawah ini:

1 dari 2 halaman

Persyaratan Berkas Lamaran

Setelah mendaftar pada situs Panselnas dan mendapatkan username dan password, diharuskan melanjutkan dengan mengisi data pada aplikasi online melalui situs cpns.lan.go.id serta mengunggah dokumen sebagai berikut:

1. Kartu Tanda Penduduk (KTP);

2. Ijazah (bukan Surat Keterangan Lulus);

3. Transkrip Akademik;

4. Pas Foto berwarna ukuran 4x6.

 

Tahapan Seleksi:

1. Seleksi Administrasi;

2. Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dengan menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT). Jadwal akan ditentukan kemudian setelah pengumuman tahap seleksi administrasi;

3. Seleksi Kompetensi Bidang (SKB)

a. SKB terdiri dari:

- Bahasa Inggris dengan bobot 20 persen

- Substansi jabatan sesuai formasi yang dipilih dengan bobot 50 persen

- Wawancara dengan bobot 30 persen

b. Khusus pelamar jabatan Dosen dan Widyaiswara, SKB terdiri dari:

- Bahasa Inggris dengan bobot 30 persen

- Microteaching dengan bobot 40 persen

- Wawancara dengan bobot 30 persen

 

Jadwal Seleksi:

1. Pengumuman Penerimaan: 5-19 September 2017

2. Pendaftaran Online (https://sscn.bkn.go.id): 11-25 September 2017

3. Pengumuman Seleksi Administrasi: 30 September 2017

4. Cetak Nomor Ujian: 2-6 Oktober 2017

5. Seleksi Kompetensi Dasar: 9-20 Oktober 2017

6. Pengumuman Seleksi Kompetensi Dasar: 23 Oktober 2017

7. Seleksi Kompetensi Bidang, Wawancara, dan Psikotes: 30 Oktober-2 November 2017

8. Integrasi Nilai SKB dan SKD: 13-17 November 2017

9. Pengumuman Kelulusan Akhir: 20 November 2017

10. Pemberkasan bagi perserta yang dinyatakan lulus pada Pengumuman Kelulusan Akhir: 21 November-10 Desember 2017

 

Tata Cara Pendaftaran:

Jika Anda tertarik dan memenuhi persyaratan, silakan segera melakukan pendaftaran dan mengunggah dokumen persyaratan secara online melalui laman http://sscn.bkn.go.id dengan menggunakan Nomor Induk Kependudukan (NIK) pada KTP/Nomor Induk Kependudukan (NIK) pada Kartu Keluarga (KK) dan Nomor Kartu Keluarga (KK).

Ingat, waktu pendaftaran dan unggah dokumen persyaratan pelamaran dimulai pada tanggal 11-25 September 2017 (ditutup pukul 23.59 WIB).

Bagi pelamar yang dinyatakan lulus seleksi administrasi dapat mencetak Kartu Tanda Peserta Ujian (KTPU) secara online melalui laman http://cpns.lan.go.id yang digunakan sebagai persyaratan mengikuti ujian.

Harap berhati-hati terhadap segala bentuk penipuan, pendaftaran dan seluruh proses seleksi tidak dipungut biaya. Keputusan Panitia Seleksi tidak dapat diganggu gugat.

 Untuk informasi selengkapnya, Anda dapat mengeceknya di https://www.menpan.go.id/ , http://cpns.lan.go.id.

Artikel Selanjutnya
220 Ribu Sarjana Lolos Seleksi Administrasi CPNS Kemenkumham
Artikel Selanjutnya
Ini Hasil Seleksi Administrasi CPNS Kemenkumham