Sukses

Kotani Makoto, Komedian yang Hidup Nyaman dengan Rp 5.000 Sehari

Meski penghasilan yang ia dapat tidak banyak, pria satu ini mengaku bisa hidup berkecukupan. Bagaimana caranya?

Liputan6.com, Jakarta - Hidup nyaman dengan biaya Rp 5.000 sehari rasanya mustahil untuk dilakukan. Namun tidak bagi komedian asal Jepang, Kotani Makoto. Meski penghasilan yang ia dapat tidak banyak, pria satu ini mengaku bisa hidup berkecukupan. Ia bahkan mengklaim bisa merasakan kebahagiaan lebih besar dari sebelumnya.

Lalu apa yang ia lakukan sampai mampu hidup dengan uang terbatas seperti itu?

Ide hidup dengan biaya 50 yen atau Rp 5.000 sehari bukanlah murni dari dirinya. Hal itu bermula saat komedian ini memutuskan pindah ke Tokyo demi mengembangkan kariernya.

Karena tidak mampu membayar uang sewa, Kotani kemudian menumpang tinggal dengan teman sesama komediannya, King Kong Nishino. Meski ditumpangi, anehnya Nishino tidak merasa gerah. Justru ia terhibur dengan adanya Kotani yang tinggal bersamanya.

Sembari menumpang, Kotani tetap mencari pekerjaan untuk mendapat penghasilan. Namun nahas, tiap wawancara kerja yang ia lakukan tidak berjalan dengan baik.

King Kong Nishino pun akhirnya mengusulkan agar Kotani memasang tarif dan menjadi komedian lepas. Mengikuti saran temannya, akhirnya Kotani pun terjun menjadi komedian paruh waktu. Ia memulai memasarkan diri lewat twitter dan berbagai situs online lainnya.

Tak disangka perjuangannya pun berbuah manis. Karena tarif yang murah, banyak orang yang akhirnya tertarik menggunakan jasa Kotani. Pada awalnya, Kotani sendiri sedikit skeptis bahwa dia bisa mencari uang dan hidup dengan hanya Rp 5.000 sehari, tapi setelah mencobanya, dia justru mendapat bantuan dari banyak orang.

Kotani Makoto (foto: Homeless Kotani/Twitter)

Orang-orang yang menyewa jasanya merasa bersalah karena membayarnya dengan harga rendah. Alhasil, mereka pun memberi bayaran tambahan dengan cara lain seperti membelikannya makanan, pakaian, bahkan mengundangnya untuk menginap di tempat mereka selama satu atau dua malam.

Hal ini pun akhirnya berlangsung terus menerus hingga sekarang. Jika Kotani tidak menemukan tempat untuk tidur, yang ia lakukan hanyalah meminta pertolongan ke penggemar lewat media sosialnya.

"Saya memiliki keluarga di mana-mana. Entah saya akan bertemu dengan seseorang yang membutuhkan saya dan pada akhir malam mereka menawarkan saya tinggal di tempat mereka atau saya bertanya lewat media sosial seperti 'Adakah orang yang bisa membiarkan saya menginap malam ini?’ Ada begitu banyak orang baik di dunia ini," jelasnya, seperti dilansir Oddity Central, Senin (18/9/2017)

Kotani Makoto (foto: Homeless Kotani/Twitter)

Orang-orang tunawisma di seluruh dunia dijauhi, diabaikan, bahkan dipermalukan, tapi Kotani Makoto tak pernah mengalaminya. Dia memiliki ribuan penggemar yang memujanya di Twitter dan kliennya bersedia membayar lebih dari tarif yang ia berikan setiap harinya."Mereka hanya membayar, yang bisa saya lakukan hanyalah berterima kasih atas tawaran mereka," kata Kotani.

Kotani juga memiliki teman-teman desainer yang membuatkannya pakaian lucu sesuai kepribadiannya. Selain itu, penggemarnya mengiriminya barang-barang yang menurut mereka akan terlihat bagus. Seseorang bahkan membelikannya wifi portabel sehingga komedian tersebut bisa tetap berhubungan dengan penggemarnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.