Sukses

Masih Takut Memulai Bisnis? Coba Trik Ampuh Ini

Masih Takut Memulai Bisnis? Coba Trik Ampuh Ini

Liputan6.com, Jakarta - Anda ingin memulai bisnis namun masih takut memulai? Memang memulai bisnis membutuhkan keberanian. Apalagi bila Anda baru saja mengalami kegagalan dalam bisnis sebelumnya. Rasa takut sepertinya masih wajar, karena Anda tidak ingin bisnis baru juga akan bernasib sama.  

Yang pasti, Anda harus mengalahkan rasa takut itu dengan melawannya. Ketakutan yang ada pada diri Anda justru akan merugikan Anda sendiri. Tetapi bagaimana bila ketakutan tetap ada? Jangan khawatir,  ada beberapa cara untuk mengurangi rasa takut tersebut.

Berikut enam resep ampuh dari Halomoney.co.id yang bisa Anda terapkan supaya Anda berani memulai bisnis yang Anda impikan:

1. Cobalah Menjalin Koneksi

Siapapun akan sepakat bahwa untuk menjalankan bisnis, menjalin koneksi adalah hal penting. Bukan apa-apa, koneksi yang baik akan membantu Anda memulai usaha baru. Katakanlah mereka akan berbagi pengalaman dan strategi bagaimana usaha mereka bisa berhasil. Informasi dari mereka yang punya bisnis sama akan mengurangi rasa ragu Anda.

Saat ini mencari koneksi tidaklah sesulit dahulu. Banyak media sosial yang bisa Anda gunakan. Bahkan orang terkenal dan piawai dalam bisnis pun memiliki sosial media. Dari situlah Anda mulai memperkenalkan diri.

2. Percaya Diri

Saat baru memulai bisnis, ide-ide kreatif Anda pasti sempat mengalami penolakan dan diabaikan orang. Ini menjadi salah satu alasan kenapa orang tidak berani memulai untuk berbisnis.  Anda perlu meyakinkan diri bahwa Anda bisa berhasil dengan usaha baru Anda itu.

Yang terpenting Anda harus bisa memperbaiki kualitas diri agar dapat bersaing di kancah usaha yang Anda impikan. Rasa percaya diri ini jadi resep utama yang membuat usaha Anda akan mengalami kesuksesan nantinya.

Simak video pilihan di bawah ini:



* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Fokus

Anda harus fokus pada bisnis baru Anda karena kegagalan dalam berbisnis biasanya juga dikarenakan Anda tidak fokus dan banyak memikirkan sesuatu secara berlebihan.

Misalnya terlalu sibuk memikirkan modal usaha untuk memulai bisnis yang tidak cukup, sehingga bisnis Anda tidak jalan. Padahal modal bukan satu-satunya aspek yang Anda butuhkan saat memulai usaha baru.

Banyak hal yang harus Anda pikirkan seperti jenis usaha baru yang Anda ingin lakukan dan strategi supaya tidak kalah saing. Bila Anda fokus, meskipun modal yang Anda miliki tidak besar, Anda tetap bisa menjalankan bisnis Anda perlahan-lahan dengan perencanaan yang matang.

4. Berani Mengambil Risiko

Usaha baru membutuhkan keberanian untuk mengambil risiko. Jangan sampai Anda tidak berani memulai usaha baru hanya karena takut bangkrut atau gagal. Ingat, hidup juga penuh risiko, jadi risiko adalah hal yang biasa.

Daripada ketakutan terus menerus, lebih baik Anda mematangkan konsep bisnis Anda. Bila konsep itu sempurna, Anda bisa mengurangi segala risiko yang akan terjadi. Termasuk bila usaha Anda gagal.

3 dari 3 halaman

5. Bercermin dari Kisah Inspiratif


Tidak ada salahnya menumbuhkan keyakinan akan diri sendiri dengan bercermin dari kisah inspiratif kesuksesan orang lain. Kisah-kisah ini akan menjadi cambuk dan inspirasi untuk menghilangkan rasa takut Anda memulai bisnis baru.

Baca juga: Pinjaman Tanpa Jaminan Terbaik 2017, Ini Daftarnya

6. Sering-Seringlah Minta Saran

Untuk mengurangi ketakutan memulai bisnis baru, kenapa Anda tidak meminta saran dari orang-orang yang pernah berbisnis dan berhasil? Saran-saran itu akan menjadi strategi untuk keberhasil bisnis baru Anda.  Kalau Anda sering bertanya pada orang yang ahli, kemungkinan bisnis Anda gagal akan semakin kecil.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.