Sukses

Begini Cara Hemat Tagihan Listrik untuk Rumah yang Dipasang AC

Jika belakangan ini Anda mendapati tagihan listrik membengkak, bisa jadi karena penggunaan AC yang berlebihan.

Liputan6.com, Jakarta - Ketika sebuah rumah sudah tertata dengan rapi dan bersih, rasanya belum lengkap jika belum dipasang AC di dalamnya. Pasalnya, ketika menjelang siang hari, terutama ketika cuaca sedang panas, menggunakan AC menjadi alternatif agar Anda dan keluarga bisa santai di rumah tanpa merasa kepanasan karena teriknya matahari.

Namun, Anda mesti ingat, jika cuaca sedang panas, kerja AC akan semakin berat, sehingga banyak menyedot energi listrik. Jika belakangan ini Anda mendapati tagihan listrik membengkak, bisa jadi karena penggunaan AC yang berlebihan.

Ini terjadi karena semakin Anda menurunkan suhu di mesin pendingin agar dapat menyejukan ruangan, semakin besar juga daya listrik yang disedot. Jika ini dilakukan cukup sering, tagihan bulanan listrik akan semakin membengkak.

Akan tetapi, jangan khawatir dulu tentang tagihan yang membengkak tersebut karena ada cara untuk menyiasatinya. Apa saja? Berikut ini ada beberapa cara hemat yang bisa dilakukan, jika di rumah telah dipasang AC seperti dikutip dari Cermati.com:

1. Mengurangi Sumber Matahari

Seperti kita ketahui, sumber energi panas alami berasal dari matahari yang bersinar hampir setiap hari, khususnya di wilayah beriklim tropis, seperti di Indonesia. Keadaan rumah yang cukup sejuk saat pagi hari, biasanya akan berubah menjadi sedikit lebih panas pada siang hari karena adanya cahaya matahari yang masuk ke rumah lewat jendela atau kisi-kisi rumah.

Saat memasang AC dengan maksud agar menyejukan ruangan, kinerja AC akan menjadi lebih berat dan lebih banyak mengeluarkan daya karena panas yang berlebih. Oleh sebab itu, kita perlu mengurangi banyaknya cahaya matahari yang masuk ke dalam rumah.

Ada berbagai cara yang bisa dilakukan, seperti menaruh tanaman hijau di jendela, atau menempelkan lukisan di jendela agar menghalangi cahaya masuk langsung ke rumah.

2. Menggunakan Kipas

Anda juga dapat menggunakan kipas sebagai alat untuk menetralkan suhu ruangan yang mungkin menjadi panas karena kinerja AC yang kurang maksimal. Atau, jika tidak terlalu panas, gunakan kipas angin saja sebagaippengganti AC.

Apabila ruangan di rumah memiliki cukup banyak jendela, bukalah jendela tersebut agar suhu panas ruangan bisa keluar melalui jendela.

Simak video pilihan di bawah ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Rajin Membersihkan Ventilasi AC

 

Di dalam mesin AC itu sendiri, ada bagian yang disebut vent. Vent merupakan bagian dalam AC yang menjadi tempat keluar masuknya udara (ventilasi). Ventilasi tentunya akan sering kotor, sehingga perlu untuk dibersihkan paling tidak sebulan sekali.

Ventilasi yang kotor dan mengalami penyumbatan, malah bisa berakibat pada tagihan listrik yang lebih besar karena kinerja AC meningkat. Sebaiknya perbaiki dan bersihkan vent secara berkala, Anda hanya perlu waktu 15 menitan untuk membersihkannya.

4. Gunakan Timer

Ini merupakan salah satu cara yang sebenarnya bisa menghemat daya AC, tapi cara ini jarang digunakan. Mesin AC memiliki fungsi khusus, yaitu bisa diatur waktu nyalanya atau biasa disebut timer. Hal ini tentu bisa membuat kinerja AC lebih teratur dan tidak memaksanya untuk melawan udara panas terus-menerus.

Atur timer pada AC saat Anda akan tidur. Misalnya, Anda tidur setiap hari selama 6 Jam saja, gunakan remote AC dan atur timer-nya sesuai waktu tersebut. Di luar waktu timer, AC akan mati secara otomatis.

3 dari 3 halaman

5. Lakukan Perawatan Berkala

Sebelum AC rusak dan Anda harus mengeluarkan biaya yang lebih besar untuk perbaikannya, Anda sebaiknya rajin menjadwalkan perawatan AC.

Lakukan perawatan bulanan dan tahunan agar bisa mengetahui jika ada masalah pada AC tersebut. Cara ini dilakukan agar AC tidak cepat rusak. Lebih baik mencegah daripada mengobati, bukan?

Jangan Terlalu Sering Menggunakan AC

Jika memang cuaca di dalam rumah sedang panas, sebaiknya gunakan cara lain terlebih dulu sebelum menyalakan AC. Misalnya, Anda bisa membuka jendela dari setiap ruangan yang ada di rumah agar hawa panas bisa keluar lewat jendela.

Selain itu, Anda bisa menggunakan kipas untuk menghilangkan rasa panas tersebut. Gunakan AC pada saat tertentu saja, dengan begitu tagihan listrik akan lebih hemat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.