Sukses

Anda Ingin Sukses Berkarir di Bank, Cek Tips Jitu Ini

Liputan6.com, Jakarta Dewasa ini, jumlah lulusan Universitas selalu meningkat tiap tahunnya, dan hal ini berbanding terbalik dengan jumlah lowongan karier yang tersedia. Dari sekian banyaknya bidang pekerjaan yang ada, Perbankan selalu menjadi salah satu bidang pekerjaan favorit bagi para lulusan baru, sehingga persaingan berkarier di perbankan menjadi tantangan yang berat.

Berkarier di industri perbankan masih menjadi pilihan favorit. Walaupun kini banyak perusahaan start up yang juga menarik banyak perhatian para pemburu karier, data statistik di karir.com masih menempatkan perbankan sebagai industri yang paling diminati.

Menurut CEO karir.com, Dino Martin, alasan utamanya yaitu jenjang karir, pelatihan, dan gaji. Namun perlu diperhatikan, semua itu tidak bisa diperoleh sejak hari pertama gabung di sebuah Bank. Gaji misalnya, untuk bisa mendapatkan angka yang besar, maka harus diikuti dengan promosi jabatan.

Bagi Anda yang ingin sukses berkarir di dunia perbankan tidak mudah dan membutuhkan keterampilan tertentu. Berikut ini, beberapa tips seperti yang disampaikan oleh Deputy HR Director Bank HSBC, Ibnu Agung Mulyanto:

1. Sabar dan Tekun

Bank adalah industri yang sangat diawasi ketat oleh pemerintah atau istilah kerennya, heavily regulated. Maka, untuk bisa sukses berkarier di sini, maka lulusan baru harus memiliki ketekunan dan kesabaran yang tinggi untuk menjalan aktifitas di perbankan yang sifatnya sangat process driven.

Proses atau aktivitas bank gak bisa dijalankan dengan asal-asalan. Ingin asal cepat selesai, asal profit bukan sesuatu yang bisa dijalankan di Perbankan. Banyak sekali mekanisme pengecekan dan balance yang harus diterima oleh sistem. Buat generasi Milenial dan Z yang sering gak sabaran, Anda harus bisa menyesuaikan dengan baik. Di Bank, tidak bisa semuanya instan. Butuh koordinasi yang baik antar departemen terkait.

2. Berintegritas

Anda juga harus memiliki yang namanya Integritas yang berani atau Courageous Integrity. Integritas artinya ya pasti Anda diharapkan selalu jujur, tapi keberanian maksudnya juga perlu yang namanya keberanian untuk bisa menyampaikan pendapatnya secara lugas, terstruktur, penuh percaya diri, dan memberikan pandangan yang baik dari profesi yang bersangkutan.

Nah, karena di Bank ada mekanisme pengecekan yang ketat, maka jika Anda bisa meyakinkan semua orang untuk mendukung gagasan dan ide Anda secara positif, maka yang Anda dapatkan dukungan, dan iklim kreativitas yang sehat. Yang diharapkan memang terjadinya diskusi kreatif yang pada akhirnya menghasilkan keseimbangan yang baik yang tentunya sangat bermanfaat bagi organisasi.

 

 

1 dari 3 halaman

3, Pede dan Pandai Berkomunikasi

3, Pede dan Pandai Berkomunikasi

Kalau Anda tidak percaya diri dalam penyampaian gagasan dan ide, jangan harap mekanismenya akan berjalan. Yang terjadi, malah Bank bisa jadi mengalami kerugian di jangka panjangnya. 

Karena itu, maka kemampuan yang dimiliki oleh lulusan baru tentunya harus mencakup:Kemampuan berkomunikasi yang ekstra baik. Mutlak diperlukan untuk bisa meyakinkan dan mendapatkan dukungan dari departemen-departement terkait. Kemampuan berkomunikasi di sini jika bisa lebih dirinci lagi akan meliputi:• Kemampuan Berbahasa Inggris yang aktif. (Cek: Ingin tahu seberapa canggihnya bahasa inggris kamu? Ikuti tes bahasa inggris di www.karir.com dan cek skor kamu). Tes ini dibuat oleh lembaga pendidikan bahasa Inggris dunia, EF. • Kemampuan membuat dan membawakan presentasi yang interaktif. Biasakan fasih dalam menggunakan program-program sederhana seperti Power Point dan Key note. Saya rasa, ini program wajib yang harus dikuasai seperti halnya juga Word dan XL. Bisa menguasai bahasa pemrograman lain yang mendukung seperti photoshop bahkan video editing seperti Premiere akan menjadi nilai plus.

 

 

 

 

2 dari 3 halaman

Paham Bisnis Perbankan

4. Paham Bisnis Perbankan

Memahami bisnis perbankan. Setelah memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik, hal berikutnya yang tidak kalah mutlak adalah pemahaman bisnis bank dan proses bisnis dari Bank itu sendiri. Dan pemahaman ini harus diikuti dengan passion yang tinggi juga.

 Pahami betul model bisnis dari perbankan dan bagaimana Anda bisa berkontribusi untuk meningkatkan performa dari perusahaan. Sederhananya seperti itu. Aneh rasanya kalau bekerja di Bank, tapi tidak paham model bisnis dan cara kerjanya. Pahami betul, siapa sih target pasar Anda? Bagaimana Anda menyajikan produk atau solusi yang terbaik bagi target pasar Anda itu? Apa saja yang dibutuhkan? Dan lain-lain.

5. Jangan Berhenti Belajar

Jangan berhenti belajar. Evolusi dari bisnis dunia perbankan, utamanya setelah peranan digital yang semakin lama semakin mengambil alih, membuat model bisnis dari dunia perbankan banyak berubah. Perluas khasanah dan ilmu dengan banyak membaca dan mengamati tren-tren yang terjadi di pasar. Misalnya, pergeseran pembelanjaan yang semula dilakukan oleh target pasar di kanal traditional seperti supermarket dan minimarket telah banyak digantikan oleh eCommerce dan market place. Bagaimana efeknya terhadap perbankan? Solusi apa yang harus dimiliki oleh Bank?

Nah, Bagaimana? Sudah siapkah Anda berkarier di Perbankan?

Artikel Selanjutnya
Ingin Jadi Pengusaha? Simak 4 Tahap yang Anda Perlu Lewati
Artikel Selanjutnya
Ubah Keterampilan Jadi Peluang Bisnis