Sukses

6 Pengusaha Fesyen Paling Tajir di Dunia

Liputan6.com, Jakarta Industri mode dan fesyen memang masih menjadi salah satu primadona di dunia. Pakaian yang merupakan kebutuhan primer masyarakat membuat industri ini terus tumbuh dari waktu ke waktu.

Banyak pengusaha juga yang akhirnya memilih fesyen sebagai ladangnya mencari uang. Beberapa dari mereka bahkan ada yang sukses besar hingga menyandang gelar sebagai miliarder.

Siapa saja? Dilansir dari Business Insider, Kamis (21/9/2017) berikut ulasannya:

6. Alain dan Gerard Wertheimer
Total kekayaan: US$ 12,7 miliar

Alain dan Gerard Wertheimer (Getty/Stringer)

Alain dan Gerard Wertheimer merupaka pemilik dari rumah mode terkenal Prancis, Chanel. Mereka berdua mewariskan kekayaan ini dari kakeknya, Pierre Wertheimer yang mendirikan merek tersebut bersama Gabrielle 'Coco' Chanel di tahun 1913.

Ketika Chanel meninggal dunia di tahun 1971, rumah mode tersebut terus menelurkan desain dengan ciri khas yang sama. Hingga pada 1983 perusahaan tersebut mempekerjakan Karl Lagerfeld sebagai Creative Director.

5. Tadashi Yanai
Total kekayaan: US$ 14,9 miliar

Tadashi Yanai (Getty/Julien M Hekimian/Stringer)

Tadashi Yanai merupakan pendiri dan pemilik dari perusahaan ritel pakaian raksasa Jepang, Fast Retailing yang membawahi merek Uniqlo. Yanai memulai usahanya sebagai seorang penjahit di pinggiran kota Jepang. Ia kemudian mengubah nama usahanya menjadi Fast Retailing di tahun 1990-an.

Usahanya terus meroket hingga tahun lalu Fast Retailing mampu membukukan penjualan US$ 16 miliar, seperti ditulis dalam laporan keuangan tahunannya.

 

1 dari 3 halaman

Stefan Persson

4. Stefan Persson
Total kekayaan: US$ 19,7 miliar

Wikimedia Commons/Prolineserver

Pria ini merupakan pendiri dari perusahaan ritel H&M. Setelah memimpin perusahaan tersebut selama 16 tahun, ia kemudian mewariskan jabatannya pada sang anak Karl Johan Persson di tahun 1998.

Bermula di Swedia, H&M kini merupakan perusahaan ritel pakaian terbesar kedua di dunia. Perusahaannya memiliki 4.500 cabang toko yang tersebar di 62 negara. Total pegawainya mencapai 130 ribu orang.

3. Francois Pinault
Total kekayaan: US$ 23,7 miliar

Getty/Vittorio Zunino Celotto

Francois Pinault merupakan pemilik dari mayoritas saham grup perusahaan ritel asal Paris, Kering. Ia membawahi beberapa nama rumah mode ternama seperti Yves Saint Laurent, Gucci, Alexander McQueen, and Balenciaga.

Sejak Maret tahun ini, kekayaan pria berambut putih ini telah melonjak US$ 8 miliar.

 

2 dari 3 halaman

Bernard Anault

2. Bernard Anault
Total kekayaan: US$ 43,3 miliar

Arnault menjabat sebagai direktur dan CEO dari LVMH, perusahaan barang mewah terbesar dunia. LVMH memayungi 70 merek seperti Louis Vuitton, Sephora, and Bulgari.

Kekayaan Anault sebagian besar bersumber dari sahamnya di LVMH. Ia juga memiliki porsi saham di perusahaan fesyen lain seperti Christian Dior, Hermes, hingga supermarket asal Prancis, Carrefour.

1. Amancio Ortega
Total kekayaan: US$ 82,5 miliar

Pria asal Spanyol ini merupakan pemilik perusahaan ritel Inditex yang membawahi merek terkenal Zara. Amancio Ortega juga beberapa kali memberikan kejutan hebat sebagai salah satu orang terkaya dunia.

Dia mampu menyalip Bill Gates dari posisi puncak. Terbaru pada akhir Agustus lalu, kekayaan konglomerat mode asal Spanyol sempat mencapai US$ 85 miliar, sedikit lebih tinggi dibandingkan dengan Gates yang hanya sebesar US$ 84,9 miliar.

Posisi puncak tersebut sayangnya dirasakan Ortega tidak begitu lama. Seiring pergerakan pasar saham, kekayaan Gates kembali naik menuju posisi pertama meninggalkan pendiri Zara tersebut.

Artikel Selanjutnya
Dalam Sehari Harta Miliarder Ini Hilang Rp 34 Triliun
Artikel Selanjutnya
Top 3: India, Negara yang Cetak Miliarder Setiap Bulan