Sukses

Sering Merasa Jenuh Saat Bekerja? Begini Cara Memotivasi Diri

Liputan6.com, Jakarta Dalam seminggu, setidaknya Anda menghabiskan waktu 5 hari untuk bekerja. Tak dipungkiri, Anda akan merasa jenuh saat bekerja dan ini akan menumbuhkan rasa malas dan merusak mood.

Jika hal itu terjadi, bekerja pun sudah tak lagi menyenangkan. Kejenuhan dapat mengganggu produktivitas dan efektivitas waktu kerja. Selain itu, kejenuhan juga dapat berdampak buruk untuk kelangsungan karir Anda.

Daripada bertambah parah, segera lakukan hal-hal berikut ini agar kejenuhan teratasi, mengutip karir.com, Jumat (21/9/2017):

Mencari tahu penyebab kejenuhan

Mulai merasa malas-malasan dalam bekerja, masuk kantor selalu terlambat, serta mencari semangat untuk pergi ke kantor pun merupakan tantangan tersendiri.

Bisa menjadi ini merupakan indikasi Anda sedang mengalami kejenuhan dalam bekerja. Rasa jenuh saat bekerja bisa datang dari mana saja, baik dari dalam diri bahkan dari lingkungan sekitar Anda.

Dan dari sini, Anda harus bisa mencari tau darimana penyebab Anda merasa jenuh. Atau bisa menceritakan atau berkonsultasi mengenai rasa jenuh yang dirasakan kepada atasan.

Dengan seperti ini Anda akan lebih cepat menemukan solusi untuk mengembalikan semangat bekerja.

Berolahraga sebelum berangkat kerja

Kurangnya berolahraga membuat kita tidak bersemangat untuk beraktivitas, jenuh bahkan merasa mudah penat. Maka dari itu, untuk menghindari hal-hal tersebut Anda sangat disarankan untuk berolahraga sebelum berangkat kerja.

Jangan takut akan rasa lelah usai berolahraga, justru itu akan membuat tubuh menjadi lebih segar, peredaran darah lancar, dan akan memberikan energi lebih sepanjang hari.

Manfaatkan akhir pekan

Setelah bekerja selama 5 hari dalam seminggu, pastinya membuatmu stres, kurang istirahat dan bahkan kurang menghabiskan hari-hari bersama keluarga.

Akhir pekan adalah waktu pribadi Anda untuk bersantai. Maka, saat akhir pekan tiba, maksimalkan waktu tersebut dengan baik. Anda bisa menghabiskan akhir pekan dengan refreshing atau sekedar kumpul bersama orang tersayang seperti keluarga dan sahabat.

Waktu berkualitas yang Anda miliki dan habiskan bersama orang tersayang bisa menjadi mood booster di hari kerja berikutnya.

Manfaatkan waktu cuti

Setiap karyawan pasti memiliki hak cuti tiap tahunnya. Karena itu, jangan sampai Anda tidak menikmati hak tersebut. Ada banyak alasan kenapa Anda harus segera mengambil cuti, diantaranya demi menjaga pikiran dan kesehatan tubuh.

Dengan memanfaatkan cuti tahunan, Anda bisa melakukan penyegaran setelah menghabiskan hari-hari dengan tugas kantor. Anda bisa bepergian ke suatu tempat yang menyenangkan untuk menghilangkan segala penat dan mengembalikan semangat.

Simak video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.