Sukses

Waspadai 5 Pengeluaran Mendadak yang Menguras Dompet

Liputan6.com, Jakarta - Dalam hidup, kita harus selalu memiliki perencanaan. Salah satu perencanaan yang harus kita buat adalah rencana keuangan. Uang yang kita miliki sebaiknya tidak hanya habis untuk digunakan membeli kebutuhan bulanan. Kita juga harus menyiapkan uang untuk keperluan mendadak yang akan diperlukan sewaktu-waktu nanti.

Jika keuangan kita tidak siap menghadapi hal yang mendadak ini, keadaan keuangan kita bisa kacau. Baru-baru ini, hasil survei dari American Express menyatakan bahwa pengeluaran mendadak dari setiap orang ternyata ada lima kategori, yaitu karena masalah kendaraan, masalah kesehatan, masalah perbaikan rumah, masalah pendidikan dan juga masalah asuransi.

Kelima hal ini ternyata menjadi pengeluaran mendadak yang bisa menimpa Anda kapan saja.
Untuk bisa mengatur pengeluaran mendadak tersebut, kita harus mencari tahu solusi dari masalahnya. Bagaimana caranya? Simak ulasan berikut seperti dikutip dari Cermati.com:

1. Masalah Kendaraan

Apabila memiliki kendaraan sendiri, tentunya Anda harus menyiapkan anggaran khusus untuk beberapa hal. Mulai dari biaya BBM, parkir, membayar jalan tol, hingga biaya perawatan mobil. Anggaran tersebut sebaiknya sudah disisihkan di setiap bulannya, sehingga saat dibutuhkan nanti, Anda tidak lagi mengambil jatah uang dari keperluan lainnya.

2. Masalah Kesehatan

Sehat itu penting. Namun sayangnya, sebagian orang sering menyepelekan hal tersebut. Mereka berpikir bahwa pengobatan di zaman sekarang ini cukup tinggi. Jika hanya sakit biasa, mungkin tidak perlu waktu lama, itu akan sembuh sendiri.

Kenyataannya, setelah menderita suatu penyakit yang cukup parah, barulah Anda menyadari bahwa berinvestasi untuk kesehatan itu tidak ada salahnya, malah akan sangat dibutuhkan. Sebaiknya, Anda juga menabung untuk anggaran kesehatan.

3. Persoalan Perbaikan Rumah

Bersyukur, bila saat ini mungkin Anda sudah memiliki rumah sendiri yang ditempati bersama keluarga kecil Anda. Namun, ternyata dalam memiliki rumah sendiri, Anda juga harus siap dengan anggaran biaya perbaikan rumah.

Jika nanti terdapat masalah dalam rumah, seperti kebocoran atap, air yang tersumbat, dan hal lain yang terjadi karena keadaan rumah yang sudah ditinggali cukup lama, mau tidak mau, ada biaya yang keluar.

Kita juga tidak bisa memprediksikan berapa anggaran yang tepat untuk perbaikan rumah. Oleh sebab itu, sebaiknya Anda menabung secara rutin khusus untuk anggaran ini.

Simak video pilihan di bawah ini:

1 dari 2 halaman

4. Biaya Pendidikan

Saat kehidupan rumah tangga kita sudah semakin lengkap dengan kehadiran anak-anak, Anda juga harus mulai berpikir tentang bagaimana biaya pendidikan untuk anak-anak Anda nanti.

Setiap tahunnya, biaya pendidikan mengalami kenaikan, sehingga kita juga harus mempersiapkan tabungan khusus untuk pendidikan anak. Silakan bertanya kepada pihak bank, produk tabungan pendidikan mana yang cocok.

5. Biaya Asuransi

Satu lagi masalah yang cukup sering membuat Anda harus mendadak melakukan pengeluaran uang adalah masalah asuransi. Mungkin sebelumnya Anda tidak pernah menganggap bahwa asuransi itu penting untuk menjamin kehidupan. Alhasil, setelah terjadi hal yang kurang menyenangkan seperti kebakaran rumah, kecelakaan kendaraan, dan hal lainnya, barulah Anda mengerti bahwa asuransi itu seharusnya dipersiapkan sejak dini.

Siapkan Dana Darurat untuk mengatasi Pengeluaran Mendadak tersebut

Jika Anda sudah memahami beberapa masalah di atas yang sejatinya akan membuat Anda melakukan pengeluaran dadakan, sebaiknya sejak dini disisihkan sebagian uang untuk membuat dana darurat.

Pastikan dana darurat ini jumlahnya lebih besar dari pengeluaran seharusnya untuk setiap masalah tersebut. Dengan begitu, saat mengalami masalah seperti di atas, keuangan Anda sudah lebih siap untuk menghadapinya.

 

Artikel Selanjutnya
Tingkatkan Tabungan DP Rumah, Kurangi Daftar Belanjaan
Artikel Selanjutnya
Mau Liburan Tapi Tak Punya Uang? Ini 5 Trik Atasinya