Sukses

Libur Pekan Ini, KAI Siapkan 15 Kereta Tambahan dari Jakarta

Liputan6.com, Jakarta PT Kereta Api Indonesia (Persero) kembali mengoperasikan kereta api (KA) tambahan saat menghadapi libur Tahun Baru Islam 1439 H yang jatuh pada Kamis (21/9). PT KAI Daop 1 Jakarta akan mengoperasikan 15 KA tambahan.

KA-KA tambahan tersebut terdiri dari 12 KA kelas eksekutif yang berangkat dari Stasiun Gambir, dan tiga KA kelas ekonomi yang berangkat dari Stasiun Pasar Senen. KA tersebut akan dioperasikan pada 20 sampai 25 September 2017, dengan operasional yang sudah ditentukan tanggalnya.

“Selain untuk memenuhi minat masyarakat yang ingin menggunakan kereta api dalam bepergian, hal ini juga untuk mengurangi tingkat kemacetan di jalan raya terutama saat momen liburan,” ucap Senior Manager Humas Daop 1 Jakarta, Suprapto, Rabu (20/9/2017).

Ke-15 KA tersebut dioperasikan dengan kota tujuan antara lain Cirebon (3 KA), Bandung (6 KA), Surabaya (2 KA), Yogyakarta (2 KA), serta Solo (2 KA).

Minat masyarakat yang tinggi akan menggunakan moda transportasi KA ini terlihat dari mulai terjual tiket KA rata-rata di atas 95 persen di tanggal-tanggal favorit, yakni 20-22 September 2017.

Berdasarkan data penjualan tiket sampai pukul 13.00, KA tujuan Jawa Tengah dan Jawa Timur sudah mengalami peningkatan penjualan.

KA keberangkatan dari Stasiun Gambir yang telah mencapai okupansi 100 persen untuk keberangkatan Rabu (20/9), yaitu KA Argo Anggrek Pagi dan Malam tujuan Surabaya Pasarturi, Argo Lawu dan Argo Dwipangga jurusan Solobalapan, KA Sembrani tujuan Surabaya Pasarturi, KA Bima dan Gajayana tujuan Malang, KA Taksaka Pagi dan Malam tujuan Yogyakarta, KA Purwojaya tujuan Cilacap, serta KA Argo Parahyangan tujuan Bandung.

Adapun untuk KA keberangkatan Kamis (21/9) KA Argo Anggrek Pagi tujuan Surabaya Pasarturi, Argo Lawu dan Argo Dwipangga jurusan Solobalapan, Argo Muria jurusan Semarang Tawang, KA Taksaka Pagi tujuan Yogyakarta, KA Bangunkarta tujuan Surabaya Gubeng, KA Bima dan KA Gajayana tujuan Malang, KA Argo Parahyangan tujuan Bandung, KA Tegal Ekspres tujuan Tegal.

Kemudian KA Cirebon Ekspres tujuan Cirebon pemberangkatan pagi – sore. Sementara KA seperti Argo Parahyangan, Cirebon Ekspress dan Tegal Bahari tujuan Cirebon dan Tegal pemberangkatan malam hari masih tersisa, itu pun hanya rata-rata 20 - 25 persen saja.

Sementara untuk KA keberangkatan Stasiun Pasarsenen, untuk KA Keberangkatan hari Rabu (20/9) semua KA sudah mencapai 100 persen. Sedangkan KA untuk keberangkatan hari Kamis (21/9), tinggal KA Menoreh tujuan Semarang Tawang yang tersisa tiketnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini