Sukses

Prinsip Mengelola Keuangan Bersama Pasangan

Liputan6.com, Jakarta - Uang dalam sebuah hubungan baik pacaran dan suami istri adalah sesuatu yang sensitif. Hal itu karena berdasarkan hasil riset dari We Can sebanyak 47 persen konflik dalam pernikahan disebabkan karena uang dan pengelolaan keuangan yang kurang baik. Hal ini pasti sungguh memprihatinkan.

Ini sebabnya mengapa pengenalan dan keterbukaan kepada pasangan sebelum menikah diperlukan. Keterbukaan bukan hanya saja mengenai siapa diri Anda. Akan tetapi juga tentang keuangan Anda sehingga, pada nantinya tidak terjadi konflik yang disebabkan karena keuangan.

Berikut adalah prinsip dalam mengelola uang bersama pasangan menurut Andreas Hartono yang merupakan seorang Mindset & Financial Motivator, seperti ditulis Jumat (22/9/2017):

1. Benar sejak awal

Ini berarti, Anda dan pasangan memang harus mempunyai dasar soal keuangan sejak awal. Bahkan sejak Anda sekolah. Ini penting, agar Anda sudah terbiasa mengelola keuangan dari kecil dan membawanya pula dalam kehidupan bersama pasangan Anda.

2. Terbuka

Keterbukaan ini sangat penting. Biasakan Anda harus terbuka mengenai soal keuangan bersama pasangan Anda. Bahkan sampai ke maslah utang sekali pun.

3. Teamwork

Dalam setiap hubungan, pasti ada saja perbedaan. Ini sebabnya dibutuhkan teamwork. Terkadang, dalam hubungan dengan psangan, ada yang sangat royal dalam keuangan dan ada yang sangat pelit dalam keuangan. Inilah yang paling tepat untuk Anda teamwork . (Fransiska Wahyuning)

 

Simak Video Pilihan di Bawah Ini:

Artikel Selanjutnya
BPJS Ketenagakerjaan Menjadi Perusahaan Asuransi Terbaik 2017
Artikel Selanjutnya
Nurhaida Resmi Jadi Wakil Ketua DK OJK, Ini Fokus Kerjanya