Sukses

Trik Menyenangkan Ajarkan Uang kepada Anak

ini dia trik belajar uang dengan si kecil ala Mona Ratuliu.

Liputan6.com, Jakarta - Uang sebagai alat transaksi jual beli memang sangat dekat dengan masyarakat. Setiap hari pasti orang mengeluarkan dan menerima uang. Oleh karena itu, pendidikan mengenai uang sejak dini sangat dibutuhkan.

Pendidikan uang sejak dini kepada anak  bukan berarti Anda mengajarkan anak Anda untuk menjadi boros atau menjadi konsumtif. Akan tetapi, mengajari anak sejak dini tentang uang dan bagaimana mengelola uang akan membuat anak Anda terbiasa merencakan hidupnya, terbiasa berpikir jangka panjang, belajar mengambil keputusan, dan justru malah bijak dalam mengatur uang.

Berikut adalah cara untuk mengenalkan uang ke anak Anda menurut Mona Ratuliu pada sesi Media Klinik yang diadakan oleh Bank Permata, seperti ditulis Sabtu (23/9/2017):

1. Bermain jual- beli

Dalam hal ini, Anda dapat menggunakan mainan anak Anda untuk melakukan permainan jual- beli. Tujuannya untuk menginformasikan pada anak bahwa uang sebagai alat tukar.

2. Belanja ke supermarket

Sama seperti bermain jual- beli, berbelanja ke supermarket juga memberikan informasi kepada anak Anda, uang adalah alat tukar. Namun, yang membedakan adalah ini berjalan dengan lebih nyata.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

3. Minta dibelikan mainan

Meminta dibelikan mainan pada anak bukan berarti Anda harus dengan begitu saja membiarkan anak membeli mainan sesukanya. Akan tetapi, Anda harus mengajarkan anak Anda besaran uang dan perlu usaha dan menabung dalam membeli sesuatu. Ajari anak terlebh dahulu mainan yang ingin dibeli harganya berapa dan seberapa mahal. Jangan langung dibelikan, tapi ajarkan anak Anda untuk menabung bila ingin membeli sesuatu.

4. Minta menonton konser

Tiket menonton konser saat ini tidaklah murah dan biasa anak- anak meminta uang tersebut seenaknya tanpa melihat harga tiket tersebut. Dalam hal ini, biarkan anak Anda berusaha untuk mendapatkan uang bila mereka memang mau untuk menonton konser tersebut. Biarkan mereka merasakan dunia kerja dan melihat bagaimana susahnya mencari uang. (Fransiska Wahyuning)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.