Sukses

1.000 Peternak se-Indonesia Hadiri Jambore Peternakan di Cibubur

Jambore yang diselenggarakan Himpunan Peternak Domba dan Kambing Indonesia ini dihadiri oleh para peternak di seluruh Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Himpunan Peternak Domba dan Kambing Indonesia (HPDKI) menyelenggarakan Jambore Rapat Kerja Nasional (Rakornas) dan Silaturahmi Nasional (Silatnas) di Bumi Perkemahan Cibubur pada Jumat (22/9/2017). Ini menjadi rakornas dan silatnas ke-5 yang diadakan HPDKI.

Ketua Himpunan Peternak Domba Kambing Indonesia Yudi Guntara Nor mengatakan dalam Jambore Peternakan kali ini setidaknya dihadiri oleh para peternak di seluruh Indonesia dari Sumatera hingga Papua.

"Yang sudah daftar secara online itu ada 809 orang, kita juga buka pendaftaran on the spot, jadi bisa 1.000 peternak nanti yang hadir. Dan ini menjadi jambore terbesar yang pernah kita adakan," kata Yudi kepada Liputan6.com di Cibubur, Jumat (22/9/2017).

Dalam rakernas kali ini, HPDKI akan membahas mengenai berbagai peluang yang didapatkan peternak dalam mengembangkan bisnisnya serta peran apa yang bisa dilakukan HPDKI dalam membantu pemerintah untuk meningkatkan ekonomi di pedesaan.  Yudi menambahkan, bisnis beternak kambing dan domba ini menjadi salah satu bisnis yang mengedepankan prinsip ekonomi budaya.

Sebagai negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia, budaya aqiqah menjadi satu hal yang dilaksanakan umat muslim.

"Pak presiden mengatakan ini peberdayaan ekonomi masyarakat yang berbasis budaya. Budaya kena, ekonomi kena, pengentasan kemiskinan kena. Yang jelas ekonomi di pedesaan yang meningkat, karena kebanyakan peternak di di daerah," papar dia.

Jambore ini berlangsung pada 22-24 Setember 2017. Para peternak di daerah ditawarkan untuk menginap dengan nuansa perkemahan di Cibubur untuk mengikuti acara hingga selesai.

Di sini, para peternak bisa mendapatkan ilmu mengenai beternak kambing dan domba, serta menjalin jaringan baik dengan peternak lain hingga langsung ke konsumen.

"Insyaallah besok Minggu Pak Presiden akan ikut silaturahmi dengan kita di sini. Ini bentuk keberpihakan pemerintah kepada para peternak, kita senang sekali," ujar dia. (Yas)

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jokowi Bakal Dialog dengan Peternak

Presiden Joko Widodo (Jokowi) bakal hadir di Jambore Peternakan Nasional 2017 di Bumi Perkemahan Cibubur pada Minggu 24 September 2017. Jambore ini akan dihadiri 1.200 peternak dan pelaku usaha dari berbagai daerah. Acara tersebut digelar atas kerja sama Kementerian Pertanian (Kementan) serta Himpunan Peternak Domba dan Kambing Indonesia (HPDKI).

Direktur Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementan, I Ketut Diarmita mengatakan, ‎Jambore Peternakan merupakan wadah konsolidasi antar pelaku usaha peternakan untuk mendukung program pembangunan peternakan dan kesehatan hewan.

“Kami berharap peternak agar melakukan pembenahan manajemen budidaya dan perbaikan teknis lainnya untuk menjadikan Indonesia sebagai sumber protein hewani," kata Diarmita dalam keterangan resminya di Jakarta, Kamis 21 September 2017.

Jambore Peternakan akan diikuti 1.200 peternak dan pelaku usaha. Jambore ini berlangsung di Bumi Perkemahan dan Taman Wisata Cibubur dari Jumat sampai Minggu, 22-24 September 2017, dengan mengusung tema "Masyarakat Sehat dan Cerdas dengan Protein Hewani dan Bangga Menjadi Peternak Indonesia".

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.