Sukses

Mau Jadi Tuan Tanah di Hawaii? Beli Pulau Rp 3,45 Triliun Ini

Liputan6.com, Jakarta Satu per tiga dari Kepulauan Molokai, pulau kelima terbesar di Hawaii dijual ke publik. Pulau tersebut dijual seharga US$ 260 juta atau setara Rp 3,45 triliun (kurs Rp 13.300/dolar).

Properti yang disebut Molokai Ranch, berukuran seluas 55.575 acre. Mark Zuckerberg pada 2015b dikabarkan pernah berminat membeli pulau ini hingga pada akhirnya memilih untuk membeli properti seluas 750 acre di kawasan utara Kauai, masih di wilayah Hawaii.

Pemilik terdahulunya, GL Ltd punya banyak masalah dengan 7.000 penduduk setempat di pulau tersebut, setelah mencoba untuk membangun beberapa proyek sejak 1990-an, berdasarkan laporan dari Bloomberg. Penduduk menganggap kampungnya menjadi tidak berkembang, hingga pada akhirnya GL menutupnya pada 2008.

"Penduduk di Molokai tak suka di-bully," kata Alan Arakawa, Walikota dari Maui dilansir dari Business Insider, Sabtu (23/9/2017).

Siapa saja yang membeli properti ini, akan menguasai sekitar 35 persen dari total kepulauan dan menjadi salah satu dari 5 pemilik lahan terbesar di Hawaii.

Jauh sebelum abad ini, pada tahun 1800-an, bagian dari lahan kepulauan ini dimiliki oleh keluarga bangsawan Hawaii.

Pulau ini punya sejarah perkebunan dan sangat potensial untuk usaha peternakan. Hingga awal 1080-an, di pulau ini tumbuh subur buah-buahan khususnya nanas dengan bantuan insektisida yang kini dilarang: heptachlor.

Hingga kini ada beberapa properti yang masih utuh di pulau tersebut, seperti resor dan padang golf.

Artikel Selanjutnya
Raup Rp 100 Juta dari Camilan Rumput Laut dan Susu Kuda Liar
Artikel Selanjutnya
Rata-Rata Harga Apartemen di Bandung Rp 14 Juta per Meter Persegi