Sukses

Aplikasi Ini Bantu Pengusaha Rintisan Kelola Dokumen

Liputan6.com, Jakarta - Manajemen dokumen dan laporan keuangan biasanya menjadi permasalahan yang dihadapi oleh kebanyakan usaha kecil dan menengah (UKM) atau usaha rintisan (start up). Namun kini hal tersebut bisa diatasi dengan aplikasi Cirrust yang diproduksi oleh industri teknologi informasi (IT) dalam negeri, PT Quadrant Synergy International.

Chief Information Officer (CIO) Quadrant, Ronald Santo menyatakan, Cirrust merupakan sebuah aplikasi untuk sistem manajemen dokumen. Produk ini akan mempermudah para pelaku usaha untuk mengakses dokumen, seperti laporan keuangan tanpa harus berada di tempat usaha atau kantornya.

"Kalau dulu masyarakat menyimpan dokumen di dalam kabinet. Aplikasi ini semacam kabinet secara digital. ‎Kita buat aplikasi berbasis web sehingga tidak perlu diinstal. Sehingga kalau pemilik usahanya mau cari dokumen tinggal masuk via browser, login, masukan password. Kapan pun di mana pun bisa mengakses dokumennya," ujar dia dalam keterangan tertulis di Jakarta, Minggu (24/9/2017).

Menurut Ronald, selain untuk manajemen dokumen, pihaknya juga menyediakan berbagai macam solusi yang lebih spesifik untuk usaha atau perusahaan di bidang tertentu. Misalnya bagi industri asuransi, Quadrant menyediakan kebutuhan untuk hardcopy atau softcopy document processing system dan auto underwriting system.

"Kita juga punya profesional services yaitu project management, business analysis dan technical experts," kata dia.

Sementara itu, General Manager Quadrant, Aren Albertine menyatakan, untuk target pasar produk Cirrust, pihaknya menyediakan tiga jenis produk yang diperuntukkan mulai dari usaha kecil dan menengah (UKM) atau startup hingga untuk perusahaan skala besar.

Pertama untuk produk Lite dikhususkan untuk small office atau perorangan karena itu maksimum account. Kedua, produk untuk usaha menengah ke atas dengan jumlah 10-20 orang.

"Ketiga produk premium untuk corporate dengan kebutuhan ya kompleks. Ini juga solusi bagi perusahaan yang cabangnya berada di berbagai kota," tandas dia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Artikel Selanjutnya
Jokowi Soroti Jaringan ATM Belum Efisien di RI
Artikel Selanjutnya
Paket Kebijakan Ekonomi Keluar, Sri Mulyani Siap Kaji Pajak Usaha