Sukses

Di Cibubur, Jokowi akan Berdialog dengan Ribuan Peternak

Liputan6.com, Jakarta - Sebanyak 1.200 peternak dan stakeholders mengikuti kegiatan Jambore Peternakan Nasional 2017 di Bumi Perkemahan dan Graha Wisata Cibubur mulai Jumat hingga Minggu ini. Pada kesempatan tersebut, para peternak dan stakeholder bersilaturahim dan melakukan temu wicara dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Menteri Pertanian Amran Sulaiman mengatakan, rangkaian kegiatan Jambore Peternakan Nasional 2017 diisi dengan kontes dan seni ketangkasan Domba Garut, kontes Kambing Kaligesing, eksibisi ternak oleh peternak sapi, ayam lokal, itik, dan kelinci.

"Sehingga kegiatan ini juga dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar sebagai kegiatan wisata dan edukasi di bidang peternakan," ujar dia di Cibubur, Jakarta Timur, Minggu (24/9/2017).

Rapat Kerja Nasional dan Silaturahmi Nasional Peternak Kambing Domba juga dilakukan untuk melakukan konsolidasi. Penyerahan penghargaan kepada kelompok peternak dan petugas berprestasi juga dilakukan sebagai tindaklanjut dari arahan Presiden Jokowi untuk memberikan apresiasi kepada peternak dan stakeholders terkait lainnya yang telah berkontribusi dalam pembangunan peternakan dan kesehatan hewan, serta sebagai upaya menarik minat generasi muda untuk menjadi peternak.

"Selain itu juga dilakukan penyerahan SK (Surat Keputusan) penetapan wilayah sumber bibit dan wilayah bebas penyakit," kata dia.

Pemerintah melalui Kementan dan Kantor Staf Kepresiden mempunyai maksud tersendiri menggelar Jambore Peternakan Nasonal 2017. Kegiatan ini ingin memberikan pesan bahwa sub sektor peternakan mempunyai peranan penting untuk pemenuhan kebutuhan protein hewani.

Pemenuhan protein hewani asal ternak yang bersumber dari daging, telur dan susu, memiliki posisi penting karena menentukan kualitas sumber daya manusia sebagai agen perubahan. "Pemenuhan protein ini sangat berperan dalam menyehatkan dan mencerdaskan anak bangsa," lanjut dia.

Jambore yang mengangkat tema Masyarakat Sehat dan Cerdas dengan Protein Asal Ternak dimaksudkan agar ada peningkatan konsumsi protein hewani asal ternak. Selain itu dapat dimaknai juga sebagai upaya mengoptimalkan pangsa pasar domestik yang sekaligus juga merupakan simbol kebangkitan ekonomi kerakyatan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ekonomi kerakyatan

Saat ini pemeliharaan sapi, domba dan kambing sebagian besar dilakukan oleh rumah tangga petani, baik sebagai usaha utama maupun merupakan bagian kecil dari suatu usaha terintegrasi, misalnya dengan tanaman pangan atau perkebunan.

Hal tersebut merupakan potensi yang cukup besar dalam pengembangan ekonomi kerakyatan, namun di sisi lain masih perlu untuk ditingkatkan karena masih banyak yang belum memenuhi skala ekonomis.

Perbaikan usaha peternakan harus secara komprehensif dikembangkan dari hulu sampai hilir, dan penekanan pada proses bisnis sehingga mempunyai nilai tambah dan daya saing yang kuat untuk meningkatkan pendapatan peternak.

Dengan inovasi dan dukungan dunia pendidikan, serta melihat teladan dari para pemenang dan penerima penghargaan hari ini, kata Amran, pemerintah berharap anak muda Indonesia tertarik dan tertantang untuk menjadi peternak yang penuh inovasi sehingga mempunyai daya saing.

"Peran Perguruan Tinggi dalam menghasilkan pemuda pemudi yang siap berbisnis dan teknologi atau inovasi tepat guna perlu ditingkatkan," ungkap dia.

Pengembangan dan pembenahan kelembagaan kelompok atau gabungan kelompok, koperasi, dan asosiasi, menjadi korporasi yang berorientasi bisnis agar lebih mempunyai daya saing dan terjamin keberlanjutan usahanya.

Perbaiki tata cara budidaya, panen, pasca panen, pengolahan dan distribusi dengan cara yang baik, serta melakukan inovasi-inovasi dibidang pemasaran, akan meningkatkan nilai tambah bagi Peternak.

Sementara itu, sub tema yang diangkat dalam Jambore Peternakan Nasional ini yaitu Bangga menjadi Peternak Indonesia sangat sesuai karena Peternak sebagai ujung tombak pemenuhan kebutuhan protein hewani asal ternak mempunyai peran sangat penting sebagai lokomotif pembangunan.

Dengan menggerakkan motor lokomotif pembangunan peternakan tersebut diharapkan akan terjadi laju pertumbuhan sub sektor peternakan. Sehingga setelah pasar dalam negeri tercukupi, Indonesia akan mengembangkan ke pasar ekspor, seperti ekspor daging dan telur ayam ras, bahkan ekspor untuk kambing domba juga terbuka untuk negara-negara tetangga, sehingga bukan hal yang mustahil, Indonesia menjadi lumbung pangan dunia di 2045.

Selain itu, pada puncak acara dari kegiatan jambore ini diisi dengan makan bersama 100 ekor kambing guling yang telah mememecahkan rekor baru Museum Rekor Indonesia (MURI).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.