Sukses

Ratusan Kambing Guling di Jambore Peternakan Pecahkan Rekor MURI

Liputan6.com, Jakarta - Jambore Peternakan Nasional Tahun 2017 yang digelar di Bumi Perkemahan dan Graha Wisata Cibubur, Jakarta Timur, berhasil memecahkan rekor Museum Rekor Indonesia (MURI). Rekor tersebut dicetak atas olahan kambing guling sebanyak 103 ekor yang disiapkan penyelenggara acara.

Rekor tersebut diberikan kepada Himpunan Peternak Domba Kambing Indonesia (HPDKI). Kambing-kambing ini diolah di lapangan terbuka di lokasi cara jambore.

"Pada acara puncak kegiatan ini juga diisi dengan makan bersama sekitar 100 ekor kambing guling yang telah memecahkan rekor baru Museum Rekor Indonesia (MURI)," ujar Direktur Pengolahan dan Pemasaran Hasil Peternakan Kementerian Pertanian (Kementan) Fini Murfiani di Cibubur, Jakarta Timur, Minggu (24/9/2017).

Para pengunjung yang hadir pada hari terakhir acara jambore ini bisa menikmati hidangan kambing guling tersebut secara gratis, asalkan memiliki kupon yang diberikan pihak panitia. Seperti diungkapkan oleh Trisno, salah satu pengunjung Jambore Peternakan Nasional 2017.

"Senang bisa makan kambing guling. Kambing gulingnya juga enak, walaupun diolahnya bareng-bareng. Pas dibagiinnya juga makan siang," kata dia.

Pada hari terakhir ini, Presiden Joko Widodo (Jokowi) juga hadir di acara Jambore Peternakan Nasional 2017. Kehadiran Jokowi juga untuk berdialog dengan sekitar 1.200 peternak yang berasal dari berbagai daerah.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

1 dari 2 halaman

Jambore

Sebanyak 1.200 peternak dan stakeholders mengikuti kegiatan Jambore Peternakan Nasional 2017 di Bumi Perkemahan dan Graha Wisata Cibubur mulai Jumat hingga Minggu ini. 

Menteri Pertanian Amran Sulaiman mengatakan, rangkaian kegiatan Jambore Peternakan Nasional 2017 diisi dengan kontes dan seni ketangkasan Domba Garut, kontes Kambing Kaligesing, eksibisi ternak oleh peternak sapi, ayam lokal, itik, dan kelinci.

"Sehingga kegiatan ini juga dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar sebagai kegiatan wisata dan edukasi di bidang peternakan," ujar dia di Cibubur, Jakarta Timur, Minggu (24/9/2017).

Rapat Kerja Nasional dan Silaturahmi Nasional Peternak Kambing Domba juga dilakukan untuk melakukan konsolidasi. Penyerahan penghargaan kepada kelompok peternak dan petugas berprestasi juga dilakukan sebagai tindaklanjut dari arahan Presiden Jokowi untuk memberikan apresiasi kepada peternak dan stakeholders terkait lainnya yang telah berkontribusi dalam pembangunan peternakan dan kesehatan hewan, serta sebagai upaya menarik minat generasi muda untuk menjadi peternak.

"Selain itu juga dilakukan penyerahan SK (Surat Keputusan) penetapan wilayah sumber bibit dan wilayah bebas penyakit," kata dia.

Pemerintah melalui Kementan dan Kantor Staf Kepresiden mempunyai maksud tersendiri menggelar Jambore Peternakan Nasonal 2017. Kegiatan ini ingin memberikan pesan bahwa sub sektor peternakan mempunyai peranan penting untuk pemenuhan kebutuhan protein hewani.